Latest News

Cari Kerja Online, Efisien Tapi Tetap Harus Waspada

Semakin majunya teknologi membawa berkah sendiri bagi para pencari kerja. Jika dahulu Anda harus rajin memicingkan mata melihat iklan lowongan di koran, Anda sekarang bisa mencarinya di internet. Sudah banyak situs pencari kerja online yang terpercaya, misalnya saja Pos Kerja. Anda cukup mengirim resume menggunakan email, tidak perlu menggunakan pos.

Wajar saja jika pencari kerja lebih memilih mencari lewat internet. Tidak hanya praktis, daerah jangkauannya juga luas. Misalnya Anda yang berada di Solo bisa melihat lowongan di Medan. Selain itu, banyak keuntungan dari melamar kerja secara online. Inilah beberapa di antaranya:

• Efisien
Mempunyai wadah untuk mencari dan langsung mengirim CV menjadi lebih mudah. Hanya dengan satu kali klik, surat lamaran sudah sampai di inbox perusahaan. Anda bisa mengirim satu CV untuk beberapa perusahaan sekaligus dengan klik saja.
• Waktu
Anda bisa mengirim kapan saja, pagi-pagi buta, tengah malam, atau siang bolong.
• Informasi lengkap
Anda bisa langsung melihat profil perusahaan dan kualifikasi yang diperlukan. Setelah mendaftar, Anda otomatis akan diberitahu waktu tes dan wawancara.
• Menguntungkan bagi perusahaan
Bagi perusahaan sendiri, mem-posting lowongan di situs-situs kerja online adalah cara yang paling mudah melakukan efisiensi. Tidak perlu lagi mengatur berkas-berkas surat lamaran, cukup mengatur semuanya secara otomatis.

Memang, sistem ini sendiri bukannya tanpa masalah. Di awal-awal, masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui atau belum mau memanfaatkan internet, sehingga Anda sebagai pencari kerja pun mau tidak mau harus tetap membuat surat lamaran secara tradisional. Belum lagi banyak perusahaan yang tidak memberitahukan secara lengkap profil mereka, atau tidak menuliskan kualifikasi lengkap. Pengisian data pun tidak semua jobseekers melakukannya dengan serius.

Namun seiring waktu, dan semakin luasnya penggunaan internet, Anda bisa melihat sendiri bahwa berbagai perusahaan ternama sekarang ini mulai memanfaatkannya. Situs-situs pencari kerja pun mulai dibanjiri dengan lowongan. Tetapi namanya juga internet, maka Anda pun harus pandai-pandai dalam menyaring berbagai lowongan pekerjaan yang dipajang di sana. Tidak jarang ada yang mengeluh bahwa ternyata pekerjaan yang dijanjikan ternyata adalah penipuan belaka untuk menguras dompet para pencari kerja yang sudah mulai putus asa.

Karena itu, untuk mencegah Anda mengalami hal yang sama, inilah yang patut Anda perhatikan:

Situs yang legit
Sudah ada banyak situs untuk para jobseekers yang bermunculan. Anda harus hati-hati dalam menyaringnya. Biasanya situs-situs yang resmi tersebut sudah mempunyai company profile, punya anggota yang banyak, dan juga sudah divalidasi oleh perusahaan-perusahaan yang mencantumkan lowongannya.

Minta biaya? Langsung pergi!
Waspadalah jika orang yang menawarkan Anda pekerjaan tersebut meminta biaya pendaftaran, transportasi, dll. lagi yang semakin menggunung. Jangan mau diperas!

Periksa nomor telepon
Setiap perusahaan yang menuliskan lowongan pasti akan mencantumkan nomor telepon kantor mereka. Ketika ada yang menelepon Anda dan mengaku dari perusahaan tersebut, segera cocokkan.

Cek perusahaan
Ketika Anda melihat lowongan yang cocok, segera selidiki perusahaan tersebut, apakah memang valid atau tidak.

Mencari lowongan kerja via internet memang mudah dan membuat waktu lebih efisien. Tapi di balik itu juga Anda akan menemukan tantangan sendiri. Jadi, ketika Anda mencari pekerjaan secara online, selalu ekstra teliti agar Anda sendiri tidak dirugikan. Jangan lupa, ketika Anda mengirim CV, gunakanlah alamat email yang resmi dan foto yang juga formal. Anda tentu tidak mau dianggap main-main, bukan?

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips