Cara Memanfaatkan Kartu Kredit Secara Bijak

Di zaman sekarang ini, belanja semakin praktis. Kita tidak harus membawa uang tunai dalam berbelanja kemana-mana. Fasilitas kredit dan angsuran cicilan pun mulai diterima dimana saja. Keadaan seperti ini memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya baik kebutuhan primer maupun sekunder. Keadaan masayarakat yang konsumtif, semakin dimudahkan. Apalagi bagi anda yang tidak suka membawa uang tunai yang banyak. Kini tiap bank ramai-ramai membuka fasilitas kartu kredit. Namun perlu diketahui, penggunaan kartu kreit harus cerdas dan hati hati. Kadang kenikmatan dan kemudahan dari penggunaan kartu kredit bisa membuat kita lupa akan keadaan keuangan kita sebenarnya. Bisa-bisa kita menjadi semakin boros dan terbawa dengan hutang yang semakin menumpuk. Oleh sebab itu kita perlu mengetahui pemanfaatan kartu kredit secara benar dan bijak. Inilah beberapa cara memanfaatkan kartu kredit yang cerdas :

cara memanfaatkan kartu kredit
1. Membuat kartu kredit karena sesuai dengan kebutuhan
Kartu kredit biasanya bekerja sama dengan restoran ataupun swalayan/outlet untuk memberikan promosi. Tentukanlah pilihan pada kartu kredit yang sering memberikan promo sesuai kebutuhan anda,misalnya produk swalayan ataupun restoran.

2. Memiliki maksimal 2 kartu kredit
Sebaiknya cukup memiliki maksimal 2 kartu kredit. Karena jika semakin banyak anda memiliki kartu kredit, semakin banyak pula kemungkinan anda akan berbelanja. Dimasa yang akan datang tanpa anda sadari hutang anda akan semakin banyak dan menumpuk.

3. Aturlah limit kartu kredit
Aturlah limit kartu kredit sesuai kemampuan. Hal ini menghindari lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan.

4. Tentukan budget tiap pemakaian kartu kredit
Setiap kartu kredit memiliki limit penggunaan. Usahakanlah untuk menggunakan untuk berbelanja dibawah limit tersebut, karena jika berlebihan pun anda akan kena denda. Sadarilah kemampuan keuangan anda.

5. Pikir panjang sebelum berbelanja
Utamakanlah kebutuhan yang lebih penting dalam berbelanja. Jangan hanya menggunakan kartu kredit untuk kepuasan belanja saja, tapi prioritaskanlah apa yang harus anda beli atau tidak.

6. Cari tahu dan pakai point reward
Kartu kredit memiliki point reward apabila sering digunakan. Cari tahulah point reward anda, dan bisa ditukarkan dengan produk promo. Menggunakan kartu kredit jadi lebih menguntungkan.

Itulah beberapa cara pemanfaatan kartu kredit secara benar dan bijak. Bagi anda yang membutuhkan informasi dan tips seputar keuangan anda, bukalah situs Futuready yang akan membantu anda menemukan solusi bagi masalah anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments