Latest News

Pengalaman Rafting di Sungai Progo, awas ketagihan !!!

Apa yang tergambar di pikiran anda ketika mendengar kata arung jeram/rafting? mungkin dalam benak anda arung jeram/ rafting itu identik dengan arus air yang deras serta curam, batu-batu sungai yang besar, perahu pasti terbalik terus anda tidak bisa berenang akhirnya hanyut, dan pikiran-pikiran negatif lainnya. Apalagi mendengar arung jeram/rafting kok di sungai Progo, yang menurut orang selama ini sungai Progo itu berbahaya, arus airnya kencang, sungainya lebar dan dalam, batunya besar-besar, dan sebagainya.

Tapiii...
Saya ada pengalaman menarik nih waktu minggu kemarin tanggal 24 januari 2016 ikut rafting di sungai Progo Atas, Magelang Jawa Tengah yang di prakarsai oleh progorafting.com. Ternyata semua perkiraan-perkiraan yang selama ini hinggap di kepala saya, "terbantahkan" alias meleset 180 derajat.

Sebelum rafting tentunya saya mempersiapkan beberapa kebutuhan, diantaranya :
  1. membawa pakaian ganti (wajib biar ndak kedinginan) ,
  2. bawa kamera sendiri (dengan resiko ditanggung sendiri misalnya rusak atau hilang, waktu itu saya hanya memakai hape yang saya masukkan di plastik waterproof)
Singkat cerita, ketika pertama masuk di basecamp progorafting sebagai lokasi awal untuk pemberangkatan rafting, saya sudah dibuat takjub dengan suasananya yang adem, lapang, banyak arena permainan anak, sungai terlihat landai, pemandangan yang indah, pokoknya jauh dari kesan menakutkan. Basecamp Progorafting ini berada di area Hotel Puri Asri Magelang yang merupakan hotel berbintang 5 yang sangat eksotis, jauh dari kebisingan, namun dekat dengan taman wisata Kyai Langgeng dan dekat dengan pusat kota Magelang, Jadi ketika anda ingin rafting di Progo Atas tidak usah khawatir nginapnya dimana, bisa sekaligus nginap di Hotel Puri Asri ini, karena fasilitas disana komplit. Panjang sungai yang dipakai untuk rafting Progo atas ini sekitar 9 km, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan sekali istirahat.


Setelah semua siap, akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, kami (rombongan Komunitas Blogger jogja dan Pendekar Tidar komunitas Blogger Magelang) dikumpulkan, oleh panitia kami di bagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 5 orang karena perahu yang akan kita gunakan idealnya cuma boleh di isi sekitar 5 – 7 orang saja (teramsuk operator). Kemudian kami diberi pengarahan, yang intinya mengenai apa saja yang seharusnya kami lakukan ketika nanti di atas perahu, cara memakai pelampung yang benar, cara mengatasi bagaimana jika perahu tersangkut batu atau terbalik, bagaimana cara yang benar memegang dayung, cara duduk yang baik, dan sebagainya. Intinya panitia sangat sabar dan ramah dalam menjelaskan kepada kami yang masih sangat nol besar, baru pertama kali ikut rafting. Tak lupa sebelum berangkat kami berdoa dulu supaya kegiatan rafting berjalan aman, nyaman, tidak ada kendala apapun sehingga pengalaman rafting di progo atas ini menjadi pengalaman yang menyenangkan.

my team
Setelah semua persiapan selesai kelompok kami berangkat dengan di pandu oleh mas Iwan sebagai operator perahu kami. Mas Iwan ini ternyata sangat ramah, sambil menikmati aliran air, kami mulai banyak bertanya ke mas Iwan, ngalor ngidul ngulon ngetan, hehe. Nah keasyikan dimulai ketika mas Iwan mulai ngajari iseng, kelompok di perahu lain yang kebetulan berada di belakang kami di siram air pakai dayung, alhasil pada basah dan suasana jadi riuh banyak tawa kemudian kamipun ikutan saling siram. Rame ...  hehe

Setelah berjalan sekitar 5 kilometer setengah perjalanan dari 9 kilometer yang seharusnya dilalui, lupa dah berapa jeram yang telah kami lalui hehe, kemudian kami diajak istirahat dulu di sebuah area yang cukup datar dan memiliki kedalaman yang sedang. Di tempat ini kami bisa main terjun ke air, berenang, dan melakukan aksi membalik perahu. Di akhir rafting, kita disuguhi snack dan kelapa muda,, nyaem banget.


Selama mengikuti rafting ini anda tidak usah takut kehilangan moment-moment seru ketika berada di jeram , karena di titik-titik tertentu Om Miki dkk dari progorafting.com siap mengabadikan berbagai aksi seru anda, yang penting selalu ceria aja biar hasil jepretannya nanti bagus hehe.

Ini beberapa jepretan spektakuler dari om Miki dkk
 


moment seru waktu di jeram


Saya sendiri tidak mengira ternyata sungai Progo yang selama ini di anggap negatif oleh sebagian orang, ternyata tidak seburuk dan se horor yang dikira. Ternyata Sungai Progo Atas sangat nyaman untuk dijadikan wahana rafting. Jeram-jeram yang ada di Sungai progo Atas masih tergolong jeram yang aman untuk kategori rafting wisata meskipun Progo Atas ini sudah termasuk rafting grade III. Apalagi tim progorafting.com mempunyai pemandu/operator rafting yang handal-handal sebagaimana yang diceritakan oleh mas Iwan yang memandu kami, bahwa tim operator rafting disini sering mengikuti lomba-lomba arung jeram di skala nasional, para operator rafting Progo Atas memiliki kemampuan yang sama dan sangat professional dalam memandu para wisatawan yang ingin rafting di Sungai Progo Atas. Jadi bagi anda yang ingin rafting ndak usah takut meskipun anda tidak bisa berenang sekalipun seperti saya, kan ada baju pelampung dan operator rafting yang professional di setiap perahu peserta.

ini adalah video asyiknya rafting di sungai Progo Atas 
yang sempat saya rekam menggunakan hape jadul


Wisata rafting Progo Atas ini terbuka untuk umum, untuk usia 8 tahun ke atas. Saking amannya rafting di progo atas ini, anak 8 tahun pun bisa rafting di sini dengan panduan para operator yang sangat professional. Kapasitas perahunya juga banyak, pernah dalam sehari 500 orang rafting di progo atas ini, dan pernah satu rombongan terdiri dari 250 orang pun mampu rafting bersamaan dan dilayani dengan professional oleh tim progorafting.com. Jadi ndak ada alasan untuk takut mencoba rafting di progo atas ini bersama keluarga anda, teman kerja, teman komunitas anda dan bahkan cuma berdua dengan pacar anda sekalipun akan dilayani dengan baik oleh panitia progorafting.com. Seperti pengalaman yang sudah saya ceritakan tadi diatas, ndak usah takut dan khawatir, rafting di Sungai Progo Atas sangat aman dan nyaman bahkan bikin ketagihan.

Untuk berbagai informasi dan cara booking rafting di Progo Atas, anda dapat mengunjungi website di progorafting.com nantinya panitia akan menjawab segala pertanyaan anda dan siap menyambut anda beserta rombongan dengan ramah dan pelayanan yang menyenangkan serta memuaskan.
Selamat rafting di Sungai Progo, rafting aman, nyaman dan asyik hanya bersama tim progorafting.com

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips