Latest News

Selalu Ada Cara Untuk Menciptakan Kolesterol Baik

Pada dasarnya kolesterol ada yang baik dan ada yang jahat. Kolesterol jahat dapat memicu timbulnya penyakit yang berbahaya seperti menyerang pada jantung dan penyakit kardiovaskular, sedang kolesterol baik adalah semacam lemak yang memberikan energi dan melindungi pada sel serta pembentukan sel dan membran pada area sekitar sel. Salah satu fungsi dari kolesterol non jahat ini adalah membentuk hormon yang diperlukan oleh tubuh manusia. Tapi yang sering terjadi pada masyarakat umumnya adalah kolesterol yang jahat karena kadang orang-orang lupa mengkonsumsi apapun secara berlebihan. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda menginginkan hal yang baik dari kolesterol lakukan cara ampuh dan jitu untuk mengendalikan kolesterol yang ada pada tubuh anda.

Hal-hal yang dapat menciptakan kolesterol baik
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menciptakan kolesterol baik adalah berhenti merokok terutama bagi kaum pria. Bukan hal yang gampang untuk membuat kaum pria berhenti merokok. Terlebih dengan mereka yang memiliki motto hidup merokok seperti “merokok mati, gak merokok mati. Lebih baik merokok sampai mati”. Padahal merokok dapat menyebabkan adanya kolesterol jahat tubuh perokok, karena merokok dapat menyebabkan kadar dari kolesterol yang baik menjadi menurun sementara kolesterol yang jahat akan terus meningkat. Jika anda perokok apakah anda akan berhenti merokok menunggu stroke menyerang anda sehingga tangan dan jemari anda menjadi kaku tak mampu memegang rokok. Hal itu terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan timbulnya stroke. oleh karena itu pilihlah mematikan rokok sebelum kolesterol jahat mematikan anda.

Hal yang kedua untuk menciptakan kolesterol baik adalah melakukan olahraga secara rutin. Baik buat yang sedang mengurangi kolesterol jahat atau sedang mengurangi kolesterol yang tidak baik jangan pernah tinggalkan olah raga agar melatih kebugaran tubuh dan juga bisa dibantu dengan minum obat penurun kolesterol yang berbahan herbal.

Tips olah raga untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah dengan melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin.

Hal ketiga yang dapat lakukan untuk menciptakan kolesterol baik adalah dengan melakukan pembatasan ukuran dalam mengkonsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh dapat membuat kolesterol jahat meningkat dengan sangat tajam. Contoh dari makanan yang mengandung lemak jenuh adalah lemak daging. Ingat menghindari bukan berarti tidak mengkonsumsinya sama sekali. Hanya saja perlu membatasi dengan mengkonsumsi 20 gram saja.

Hal keempat yang dapat mengendalikan kadar kolesterol agar tetap menjadi kolesterol baik adalah dengan cara mengendalikan berat badan. Walaupun kolesterol yang tinggi tidak melulu dicerminkan pada orang yang gemuk, tapi berat badan yang berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol karena dikhawatirkan menimbun lemak jenuh dalam tubuh. Awal mulanya memang lemak yang terlalu banyak hanya akan menganggu produksi hormon insulin. Tapi berawal dari itu kemudian memicu kadar kolesterol yang tinggi. 

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk menciptakan kolesterol baik adalah mengkonsumsi bayam dan ikan. Beruntung buat anda yang tinggal dekat dengan ladang dan pesisir karena keduanya akan mudah anda temui. Bayam yang nampaknya sayuran yang sederhana yang dekat dengan khas orang kampung ternyata bayam memiliki 13 komposisi flanoid yang dapat menjauhkan diri anda dari kolesterol jahat, kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Sedang ikan kaya akan asam lemak omega-3. Ikan juga memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol agar dapat terkendali. Ikan memang amis tapi tidak boleh membuat anda malas memakannya karena takut bau, setidaknya konsumsilah ikan dua kali seminggu agar dapat menutup tubuh dari kolesterol jahat.

Sumber info: http://www.merdeka.com/sehat/7-cara-terbaik-untuk-mengendalikan-kolesterol.html

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips