Tips Mengatasi Sakit Kram Perut

Kebanyakan ketika wanita sedang haid, mereka mengeluhkan kram atau sakit diperutnya. Efek dari sakit perut ini berbeda-beda, ada yang masih bisa menjalankan aktivitas, ada yang tidak bisa bangun sama sekali, akibat sakit yang amat sangat. Penyebab perut kram pada wanita ini adalah karena adanya kontraksi dinding rahim yang biasa terjadi agar lapisan rahim dapat mengeluarkan darah menstruasi. Kondisi seperti ini sebenarnya tidak berbahaya dan wajar terjadi. Namun ada baiknya jika anda juga mengatasi ketidaknyamanan ini agar dapat beraktivitas dengan baik, diantaranya:

cara mengatasi kram perut saat menstruasi
1. Banyak minum air
Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika nyeri pada perut adalah perbanyaklah minum air putih. Air putih dapat mengurangi rasa kram pada perut secara langsung. Jika suka anda bisa menambahkan perasan lemon didalamnya untuk menambah rasa anda agar lebih segar.

2. Konsumsi makanan yang sesuai
Pilihlah makanan yang sehat saat anda sedang haid. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Sebaiknya hindarilah makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan, makanan cepat saji dan lain sebagainya. jika perlu anda juga bisa mengkonsumsi vitamin suplemen, karena pada saat seperti ini membutuhkan asupan vitamin yang lebih banyak untuk mengurangi ketegangan otot dan peradangan dalam perut.

3. Kompres dengan air hangat
Isilah botol degan air panas kemudian tempelkaan pada perut anda yang kram. Hal ini akan membuat anda lebih nyaman. Sensai hangat tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan membuat area perut yang kram menjadi lebih rileks.

4. Jangan malas bergerak
Ketika nyeri kram perut melanda, biasanya kita akan lebih malas untuk bergerak. Namun sebaiknya kondisi seperti ini harus anda lawan dan tetaplah bergerak. Akan lebih baik jika anda berolahraga, atau melakukan aktivitas dirumah atau kantor. Dengan tubuh yang bergerak secara alami tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat rasa sakit menjadi berkurang.
Itulah beberapa tips mudah untuk mengurangi rasa sakit saat kram perut. Bisa dibilang hal ini merupakan salah satu penyebab gangguan menstruasi.

Post a Comment

0 Comments