Cara Mengukur Ban dan Velg Loader dalam 4 Langkah

Memahami ban loader dan ukuran velg seharusnya lugas dan mudah, bukan? Jika Anda pernah berbelanja untuk ban pengganti dan velg untuk wheel loader Anda, Anda mungkin telah menemukan (dengan cara yang sulit) bahwa masalah ban tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ini bisa sangat membuat frustasi bagi banyak pelanggan yang akhirnya berkata kepada diri mereka sendiri (dan kadang-kadang dengan suara keras) "Saya hanya ingin membeli ban loader dan velg, seberapa sulit itu?" Faktanya, kebanyakan orang memberitahu saya bahwa saat berbelanja ban secara online atau secara lokal, mereka sering kali mendapatkan lebih banyak pertanyaan dari pada jawaban dari toko penjual velg loader dan ban, "Apa ukuran velgnya?" Apa pola bannya? “Apa type bannya?” Sejujurnya, bagaimana orang yang tidak awam dengan ukuran ban dan velg bisa mengetahui informasi ini? 

 

cara mengukur ban alat berat

Untungnya di banforklift.id sebagai profesional di bidang ban dan velg loader, inilah yang kami lakukan untuk mencari nafkah. Tugas kami tidak hanya jual velg loader dan jual ban loader saja, kami juga membantu orang setiap hari menemukan ban dan velg yang tepat untuk setiap jenis wheel loader Anda. Artikel ini menjelaskan, dengan istilah yang mudah dipahami, secara tepat bagaimana mengukur ban, velg, dan roda untuk membantu Anda menemukan pemasangan yang tepat dengan cepat dan mudah, setiap saat. Setelah membaca artikel ini, Anda akan dapat mengukur dengan benar tidak hanya ban dan velg loader, tetapi setiap jenis roda dan ban seperti seorang profesional. Jika Anda sudah siap, mari kita mulai! 

Ban dan Velg Loader - Pendahuluan

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, velg dibaut ke hub poros pada kebanyakan wheel loader. Saat digabungkan dengan ban, itu menciptakan apa yang kita sebut roda. Jelas sekali, ada banyak ukuran ban yang berbeda, oleh karena itu ada banyak ukuran velg yang berbeda untuk pemasangan ban. Ukuran ban paling sering ditandai dengan jelas di samping ban dan mudah dikenali. Namun, jika Anda membutuhkan ban baru dan velg baru untuk wheel loader Anda, sayangnya ukuran ban itu sendiri hanya membantu kami dengan separuh jawaban. Untuk menemukan roda pengganti untuk peralatan Anda, Anda juga perlu mengetahui ukuran velg dan beberapa detail lainnya. Saat ini, kebanyakan orang membeli ban loader secara online dengan velg dan roda dikirim langsung. Jika Anda tahu cara mengukur velg dengan benar, saat tiba dalam 2 hingga 3 hari semuanya akan sesuai dengan kebutuhan pabrik. 

4 Langkah untuk menentukan ukuran Ban, Velg, dan Roda dengan benar 

Langkah 1: Memahami Ukuran Ban 

Memilih ban dan atau velg ban yang tepat diawali dengan memahami ban itu sendiri dan ukuran bannya. Bergantung pada pabrikan dan aplikasi ban, hampir semua ukuran ban biasanya diberikan dalam ukuran standar atau metrik. 

Ukuran ban dengan dua angka – Apa artinya 

Jika ukuran ban Anda memiliki dua set angka (10-16.5, 12.4-16, atau 18.4R28), berikut adalah arti dari angka ukuran tersebut. Pada contoh pertama kita ukuran ban 10-16.5, angka pertama 10 adalah lebar ban dalam inci. Angka kedua pada contoh 16.5, adalah ukuran diameter sebenarnya dari roda yang cocok dengan ban tersebut. Dengan kata lain, ban 10-16,5 memiliki lebar 10 ”dan cocok dengan velg 16,5”. 

Ukuran ban dengan tiga angka – Apa artinya 

Jika ukuran ban Anda memiliki tiga set angka (18x8.50-8, 31x15.50-15, atau 26x12.00-12) berikut adalah arti dari angka ukuran tersebut. Pada contoh pertama kita ukuran ban 18x8.50-8, angka pertama 18 adalah diameter total (tinggi luar) ban dalam inci. Angka kedua pada contoh 9,50 adalah ukuran lebar sebenarnya dari ban itu sendiri. Angka ketiga dalam contoh 8 adalah ukuran dalam inci dari velg yang cocok untuk ban khusus ini. Singkatnya, ban 18x8.50-8 berukuran tinggi 18 " inci, lebar 8,5" inci, dan dipasang dengan benar pada velg berdiameter 8 ". 

Langkah 2: Mengukur Lebar dan Diameter Velg / Roda Anda 

Mari kita mulai dengan lebar velg. Cara mengukur lebar velg ban loader dengan benar adalah dari dalam bibir manik kebagian dalam bibir manik yang berlawanan. Banyak pemilik loader membuat kesalahan dengan salah mengukur lebar keseluruhan velg, yang berakibat membeli velg baru yang tidak sesuai dengan ban. 

Pengukuran diameter velg diukur dengan cara yang sama. Ingat, diameter velg tidak diukur dengan tinggi keseluruhan, tetapi untuk flenspertama (drop) dari bibir manik-manik pada velg itu sendiri. Ada banyak variasi ukuran velg, jadi sekalil agi, periksa ukuran ban yang menunjukkan diameter velg untuk memastikannya cocok. Salah satu tip yang bermanfaat adalah banyak produsen velg akan memberi cap ukuran velg di bagian dalam bead flange, yang akan memberitahu Anda berapa ukuran velg sebenarnya. Sering kali, diameter velg akan menjadi digit pertama dan yang kedua akan menjadi lebar atau kelas velg. 

angkah 3: Memahami dan Mengukur Pola Baut Roda 

 Pola baut roda atau velg adalah pola lubang roda pada velg tempat baut dan mur roda menahan roda ke loader. Lubang roda adalah titik pada roda yang menerima mur roda atau baut roda untuk mengencangkan roda ke loader dengan aman. Selalu ada setidaknya tiga lubang baut dalam lingkaran di sekitar lubang hub besar di tengah roda, dan seringkali lebih banyak lagi. "Pola baut" secara khusus mengacu pada tata letak dan pola jarak di mana mur roda dibaut ke roda atau velg. 

Untuk mengukur pola baut, pertama-tama kita perlu menghitung jumlah lubang baut yang ada di (atau perlu masuk) ke dalam velg dan pastikan cocok dengan hub porosnya. Untuk keperluan kita, roda loader paling sering dilengkapi pola baut roda 3, 4, 5, 6 dan 8, beberapa pola yang kurang umum mencakup lubang 5, 7, 10, 11 atau lebih. Setelah Anda menentukan jumlah lubang baut, selanjutnya Anda akan mengukur jarak antara lubang itu sendiri. 

Lubang baut velg ban di ukur dari tengah ke tengah, artinya Anda mengukur jarak antara bagian tengah lubang dengan pusat lubang lainnya. Saat mengukur jarak antara lubang baut pada roda mana pun, penting untuk diingat bahwa pola dengan lubang baut angka genap (4, 6, atau 8 lubang) jauh lebih mudah diukur daripada pola dengan baut angka ganjil. lubang (3, 5 atau 7 lubang baut). Kami membahas cara mengukur pola lubang ganjil dalam sekejap. 

Pola Lubang Baut Nomor Genap 

Untuk mengukur pola dengan jumlah lubang baut yang genap, termasuk pola 4 baut, 6 baut, dan 8 baut, Anda akan mengukur jarak antara lubang baut yang saling berhadapan dalam satu garis lurus, sekali lagi, dari tengah ketengah dua lubang. 

Pola Lubang Baut Nomor Ganjil 

Pola dengan jumlah lubang ganjil, seperti pola 5 baut, lebih sulit diukur karena lubang baut tidak saling berhadapan. Namun, kami tetap dapat mengukurnya secara efektif. Mulailah pengukuran dengan menggunakan garis lurus dari pusat lubang mana saja, dan ukur ke mana pusat lubang yang berlawanan jika lubang tersebut berada di sana. Karena pola lubang baut roda berada dalam lingkaran konsentris, ini akan memberi Anda perkiraan jarak yang tepat antara pusat lubang kepusat dan cukup dekat untuk tujuan pola lubang. 

Mengukur Ukuran Lubang Baut Roda 

Selanjutnya, Anda akan mengukur ukuran (diameter) lubang baut itu sendiri, yang bervariasi tergantung pada ukuran baut. Meskipun pita pengukur akan bekerja cukup baik, saya sarankan mengukur dengan kaliper jika Anda bisa. Sekali lagi, pita pengukur atau penggaris akan tetap berfungsi dan memberi kami perkiraan yang cukup dekat tentang ukuran lubang agar kami dapat mengidentifikasi pola yang benar. 

Langkah 4: Memahami dan Mengukur Offset Roda 

Sementara lubang baut dan lubang tengah dari setiap roda terletak persis di tengah roda (jika tidak, sebuah roda akan “melompat” saat berputar), banyak orang juga berasumsi bahwa titik pemasangan roda ke hub (tempat lubang baut berada) ditempatkan pada jarak yang sama (dengan roda vertikal dan dipasang ke mesin) dari bagian dalam roda keluar roda. Meskipun hal ini dapat benar dalam kasus tertentu, seringkali baut roda dan pusat pemasangan dalam keadaan "Offset" agar lebih layu lebih dekat ketepi dalam atau luar cincin roda saat dipasang ke mesin. Hasil offset ini membuat roda lebih dekat atau lebih jauh dari poros saat dibaut ke hub. Dengan kata lain, Offset roda atau velg adalah jarak (saat vertikal atau dalam posisi terpasang) dari pusat vertikal roda ke tempat pusat velg saat dipasang ke hub. Perbedaan jarak saat dipasang ini adalah pengukuran Offset, dan di sebut sebagai positif, negatif, atau nol. Offset positif adalah ketika permukaan pemasangan hub lebih ke arah luar roda, membuat roda lebih dekat ke loader. Offset negatif adalah ketika permukaan pemasangan hub mengarah kebagian dalam (atau sisi hub) roda, sehingga jarak roda lebih jauhdari hub atau loader. Offset nol adalah ketika perbedaan permukaan pemasangan dari dalam dan luar roda adalah sama (sama). 

Untuk mengukur offset roda, ada beberapa langkah. Pertama roda datar. Kedua, dengan menggunakan penggaris, ukur jarak dari lantai atau tanah kepuncak roda dan catat pengukuran tersebut. Selanjutnya, bagi pengukuran itu dengan 2. Hasilnya adalah garis tengah vertikal roda. Selanjutnya, ukur dari flensa hub (tempat lubang baut berada) keatas roda. Jika nomor garis tengah lebih kecil dari jarak hub kepuncak roda, offsetnya positif; jika lebih besar, offsetnya negatif. Terakhir, kurangi angka yang lebih kecil dari angka yang lebih besar. Hasilnya adalah offset roda yang sebenarnya. 

Sekarang setelah Anda memiliki ukuran lebar dan diameter roda, pengukuran pola baut, dan offset roda, Anda siap dengan percaya diri membeli roda dan ban yang tepat untuk loader Anda. 

Silakan kunjungi https://www.banforklift.id/ untuk kebutuhan ban dan velg loader Anda serta kebutuhan ban alat berat lainnya.

Post a Comment

0 Comments