Latest News

Bahaya Facebook - pengalaman pribadi

Bahaya Facebook? emang ada bahayanya bermain facebook? Hampir semua orang mengenal Facebook, dah pastilah. Tapi apakah semua dari pengguna facebook mengetahui bahaya facebook bagi kehidupan mereka? Saya rasa pasti tidak, mungkin hanya beberapa persen saja dari mereka para pengguna Facebook yang mengerti betul bahaya di balik keasyikan mereka menggunakan Facebook. Facebook memang asyik bahkan telah menjadi semacam candu bagi kita yang membuat ketagihan. Hampir setiap saat setiap waktu kita mengshared status terbaru kita, saling ejek dengan teman, kirim komentar, foto dan sebagainya. Tidak ada salahnya bermain facebook apalagi bagi sebagian orang yang mengetahui nilai plus dari facebook bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat dari aktifitas mereka di facebook yang seperti kita ketahui hingga saat ini telah memiliki ratusan juta pengguna facebook di bumi ini.

Dengan jumlah pengguna yang sangat luar biasa tersebut, peran facebook bagi kehidupan sosial kemasyarakatan sangat besar dan tidak bisa dianggap remeh lagi. Beberapa revolusi di Mesir, Suriah dan tempat tempat lain juga ditengarai akibat peranan para demonstran yang berkomunikasi dan meybarkan warta dengan jejaring Facebook, Internet marketing juga bisa dilakukan di facebook karena facebook menjadi media promosi onlin yang luar biasa, maka perlu suatu langkah antisipasi terhadap setiap kemungkinan akibat kita bermain Facebook, Perlu kejelian dari setiap aktifitas yang akan kita ikuti di dalam Facebook, karena di dalam facebook sendiri terdapat para pengembang aplikasi yang kadang kala dari sebagian mereka menyisipkan sesuatu hal yang bisa merugikan kita para pengguna Facebook jika tidak berhati-hati. Berbagai Aplikasi yang cukup menarik di facebook bisa mengundang bahaya yang cukup serius. Dari suatu aplikasi yang kita ikuti tersebut, bisa jadi akun kita telah kita serahkan ke admin aplikasi tersebut baik username maupun pasword kita bisa dijalankan oleh admin aplikasi tersebut. Maka, bacalah aturan main/peraturan dan kebijakan dari suatu aplikasi di facebook secara teliti sebelum anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Setidaknya hal tersebut bisa mengurangi kebobolan akun facebook anda, karena jika akun anda telah mereka kuasai, maka anda tidak akan bisa menjalankan lagi Facebook anda tersebut dan Wassalam untuk akun Facebook anda. Itu yang pertama

Kemudian bahaya facebook yang cukup serius adalah ketika akun facebook kita telah dikuasai orang tertentu dan kemudian akun facebook kita tersebut digunakan untuk menipu temen-temen kita via facebook atau mungkin tindak kejahatan lain. Hal ini pernah saya alami sendiri sebagai suatu pengalaman yang cukup serius menurut saya, karena akun facebook temen saya telah dijalankan orang lain tanpa sepengetahuan temen saya. Awalnya tiba-tiba teman saya ngajak chat dan saya tanggapi speerti biasa,, tapi kok kemudian chattingan dia agak aneh dan setelah ada kejanggalan yang serius saya kemudian menghubungi temen saya via phone dan ternyata temen saya tidak sedang menggunakan Facebooknya. Kemudian karena dia sedang sibuk temen saya minta ke saya agar Login dengan username dan pasword yang telah dia kasihkan ke saya via phone untuk mengganti pasword facebooknya, setelah saya coba ternyata sudah tidak bisa login,, dan ini merupakan hal yang parah karena facebook temen saya telah berpindah tangan dan telah digunakan orang lain untuk berusaha menipu saya.Sekaliab ini sebagai pengumuman bahwa akun facebook teman saya atas nama Isna Muhsin Abdillah saat ini telah dioperasikan orang lain yan telah membajak akunnya, sehingga jika ada yang menggunakan akun tersebut untuk meminta sesuatu ke anda agar anda berhati-hati dan tidak usah ditanggapi.

Berikut percakapan via chatting Facebook secara komplit antara saya dengan si pelaku hari kamis, 12 januari 2012 (yang saya kira waktu itu temen saya yang sedang chat dengan saya)

#Isna Muhsin Abdilah*

oh iya saya mau nanya ada tidak teman atau kenalan yang jualan pulsa.?

#Pakne Afif*

gak ono je pak.. nek biyen slamet dodolan tapi saiki koyone wis ora pak
lha piye?

#Isna Muhsin Abdilah*

bisa tidak bantuin beliin dulu,nanti uangnya saya ganti.

#Pakne Afif*

lha posisi sampeyan dimana

#Isna Muhsin Abdilah*

padang ada pertemuan

#Pakne Afif*

adoh timen pak.. he he, berapaan pulsane, nomere masih yang dulu kan?

#Isna Muhsin Abdilah*

082190659915 simpati,isi 200rb.
kabari kalau udah dikirim.

#Pakne Afif*

we.. sikk.

#Isna Muhsin Abdilah*

ok soalnya kartu terpasang di modem.

#Pakne Afif*

sik pak.. iki muksin dudu
soale akeh sik do ngehack FB

#Isna Muhsin Abdilah*

saya tunggu.
saya off duylu.

#Pakne Afif*

sik pak.. saya masih ragu nek sampeyan

koyone ra tak kirim disik

kalo sampeyan bener bener muksin silakan sms pake nomer yang dulu sampeyan kasih ke saya

Itu adalah chat yang saya lakukan dengan si pelaku yang pada awalnya saya kira temen saya. Untungnya waktu itu saya bisa menangkap kejanggalan dari si pelaku dan bisa menghubungi temen saya sesungguhnya untuk konfirmasi apakah benar dia sedang dinas di Padang ada tugas tapi ternyata teman saya sedang tidak Facebookan dan posisi sedang dinas di Jakarta seperti biasa. dan yang menurut saya aneh kok temen saya minta kiriman pulsa dari saya dan hal tersebut belum pernah sebelumnya, dan kalau saya amati dari awal chat, gaya bicaranya tidak ada unsur keakraban seperti biasanya kami chat.

Berbekal dari pengalaman pribadi saya tersebut, saya menghimbau kepada temen-temen pengguna Facebook agar lebih hati hati lagi dengan akun facebook anda karena jika sampai di hack/akun anda di bajak orang maka akibatnya bisa sangat fatal, anda akan kehilangan akun facebook anda, bisa jadi akun facebook anda digunakan untuk menipu temen-temen anda seperti yang hampir saya alami, atau digunakan untuk hal hal lain yang mungkin akan merugikan anda. jadi menurut saya kehati-hatian dan selalu waspada dan berhati-hati sangat penting anda lakukan. Memang sih, jika Fb anda di hack orang, anda masih bisa dengan mdah membuat akun Facebook yang baru, tapi kalo akun Facebook lama anda digunakan untuk hal - hal negatif oleh si pelaku maka akibatnya bisa sangat serius

Trus langkah antisipatif apa yang bisa kita lakukan agar facebook kita tidak membahayakan kita dan orang lain:
1. Perkuat Pasword akun Facebook anda, Pasword semakin panjang dan rumit semakin bagus, sebaiknya meliputi kombinasi huruf, angka, simbol huruf besar huruf kecil, yang tidak mudah ditebak orang, jangan menggunakan nama anak, alamat, tanggal lahir dan kata-kata yang menyangkut diri anda. ganti secara berkala pasword facebook anda.
2. Hati-hati dalam memilih dan akan mengikuti sebuah aplikasi di facebook. Jangan hanya senang dengan tampilan dan fitur aplikasinya, namun baca secara detil aturan main dari aplikasi tersebut, karena kadangala ada aplikasi yang jika anda mengikuti aplikasi tersebut maka mereka bisa mengoperasikan akun anda tanpa sepengetahuan anda karena anda telah dianggap menyetujui aturan main mereka dengan mengikuti aplikasi yang mereka tawarkan tersebut. atau bisa juga aplikasi tersebut mengandung virus yang akan membahayakan akun Facebook dan komputer anda. Baca, pahami dan pikir bener-bener sebelum mengikuti aplikasi di Facebook.
3. lakukan klik Log Out ketika Facebook tidak digunakan. Karena seringkali kita melihat dan menjumpai akun facebook yang keliatan hidup terus 24 jam karena ternyata mereka tidak log out akun facebooknya dan hanya langsung mematikan komputernya saja. Hal ini sangat riskan akun facebook anda di bajak orang lain, terutama jika akun anda telah memiliki banyak teman.
4. Hati-hati dalam menyampaikan status posisi anda sekarang, misalnya posisi anda saat ini yang anda sampaikan di status FB anda yang diterbitkan untuk umum, karena status anda bisa dilihat temen-temen anda dan pihak ketiga yang lain hal ini bisa memicu kejahatan misalnya pencurian dan lainnya misalnya pengintaian karena rumah anda kosong ditingga pergi. pikirkan baik-baik sebelum anda membuat status anda di facebook
5. Hal-hal yang sifatnya privasi sebaiknya ada setting hidden atau tidak terbuka untuk semua teman anda/umum. Seperti alamat rumah, nomor telepon dsb. Lakukan settingan yang diperlukan di akun facebook anda agar hal-hal yang sifatnya penting dan tidak ingin diketahui teman/orang umum bisa di antisipasi.
6. Hal yang penting jika ada kejanggalan ketika chat atau komentar di facebook atau pesan inbox di facebook atau aktifitas lain yang janggal, segeralah anda konfirmasi klarifikasi dengan teman anda dengan nomer hape yang dia punya sesungguhnya bukan menghubungi nomer hape yang diberikan pelaku. dari klarifikasi tersebut maka anda akan tahu kebenaran yang sesungguhnya.
7. Jika ternyata akun anda telah di hack/diambil alih oleh orang lain dan Facebook anda sudah tidak bisa lagi anda operasikan karena telah berpindah tangan, maka segeralah beritahukan ke teman-teman atau kerabat anda yang biasa berkomunikasi dengan anda melalui facebook bahwa akun facebook anda telah dibajak orang dan berikan warning untuk berhati-hati dan tidak melayani permintaan si pelaku yang telah membajak akun anda. Buatlah akun facebook baru dan add temen-temen anda kembali sambil memberikan klarifikasi bahwa Facebook anda yang terdahulu sudah bukan milik anda lagi karena telah diambil alih orang.

Intinya adalah kehati-hatian dan sikap selalu waspada dan memperhitungkan berbagai kemungkinan buruk yang mungkin terjadi akan membuat kita lebih hati-hati dalam menggunakan facebook sebagai sarana menjalin pertemanan, guyon antar teman dan hal - hal positif lainnya dari adanya facebook. Jika kita bisa mengantispasi sekecil mungkin hal hal negatif yang mungkin timbul maka kegiatan facebookan akan menyenangkan tanpa dihantui rasa was was karena bahaya facebook-an.

Soo.. mari facebookan tetap jalan terus dengan mengambil langkah yang bijak sebelum menentukan suatu langkah yang akan kita jalankan dalam berfacebookan. Facebook tidak akan berbahaya  bagi kita maupun orang lain ketika kita bisa menggunakannya secara benar

<------------------------------------------------------------------------------>

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini

Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips