Cerita dongeng Candi Prambanan

Cerita dongeng Candi Prambanan. Candi prambanan terletak di wilayah Yogyakarta dan menjadi tempat pemujaan bagi para umat Hindu. Konon diceritakan bahwa candi Prambanan dibuat oleh seorang pangeran yang bernama Bandung bondowoso dibantu dengan para Jin pengikutnya untuk mencoba meminang Putri Roro jonggrang namun mendapat penolakan dari Roro Jonggrang, Seorang putri yang cantik jelita putri dari Kerajaan Prambanan. Berikut cerita lengkapnya


Pada waktu itu Prambanan adalah sebuah kerajaan yang merdeka. Kerajaan Prambanan suatu saat mendapat serangan dari kerajaan Pengging. Karena kalah perang akhirnya Kerajaan Prambanan menjadi daerah jajahan Kerajaan pengging. Raja Pengging waktu itu adalah Bandung Bondowoso.

Suatu saat ketika Bandung bondowoso berada di Kerajaan Prambanan melihat ada putri cantik yang tak lain adalah putri Raja Prambanan. Karena terpikat kecantikan putri Raja Prambanan tersebut, Bandung Bondowoso bermaksud meminang Roro Jonggrang. Bandung bondowoso terkenal sebagai raja yang kejam dan seenaknya sendiri. Karena mendapat perlakuan yang kurang ajar dari Bandung bondowoso yang lancang bermaksud menjadikannya istri , kemudian Roro Jonggrang pun mengajukan syarat, yaitu ingin dibuatkan 1000 candi dalam semalam. hal ini dilakukan Roro Jonggrang karena dia berpikir bahwa syaratnya tersebut sulit untuk dilakukan.

Namun karena Bandung Bonowoso memiliki geromobolan jin yang setia kepadanya, maka bandung bondowoso meminta bantuan para jin tersebut untuk membuat 1000 candi yang di persyaratkan oleh Roro Jonggrang. Kemudian Para jin itupun membuat candi sesuai yang diperintahkan oleh Bandung Bondowoso.

Setelah tengah malam hampir 1000 candi diselesaikan. Karena Roro Jonggrang tidak ingin menjadi istri bandung Bondowoso maka Roro Jonggrang mencari akal supaya 1000 candi tersebut tidak bisa genap 1000 buah. Akhirnya Roro jonggrang mengumpulkan para daang kratonnya untuk mengumpulkan jerami untuk di bakar dan sebagian lagi menumbuk padi di lesung.

candi loro jonggrang prambanan
Mendengar suara Lesung dan suasana yang terlihat terang benderang, para jin yang membantu Bandung Bondowoso mengira bahwa telah datang terbit fajar pagi. Maka mereka pun lari dan kemudian meninggalkan begitu saja bangunan candi yang telah mereka buat. Kemudian Bandung Bondowoso menemui Roro JOnggrang dan memberitahukan bahwa candi telah selesai di bangun dan diminta menghitungnya apakah sudah genap sesuai keinginannya. dan ternyata candi yang terbangun hanya 999 buah berarti kurang 1 buah candi lagi sehingga itu berarti bahwa Bandung bondowoso tidak bisa memenuhi syarat yang diberikan Roro Jonggrang.

Bandung bondowoso pun akhirnya marah dan menunjukkan jarinya ke Roro Jonggrang dengan berkata " Kalau begitu kau saja yang emnjadi pelengkapnya genap 1000 buah" maka Roro Jonggrangpun seketika menjadi Patung yang sekarang dikenal dengan patung Roro Jonggrang dan candinya menjadi Candi Roro Jonggrang.

Dari Sebuah cerita dongeng rakyat mengenai candi prambanan ini setidaknya kita bisa mengambil hikmah makna nya :
1. Tidak boleh memaksakan kehendak
2. Tidak boleh bekerjasama dengan jin
3. Hati-hati dalam berbicara karena bisa membawa bencana bagi orang lain
4. Jangan menhalalkan segala cara untuk memenuhi keinginan anda

Semoga cerita dongeng Candi Prambanan ini mempunyai manfaat bagi kita semua

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Related News
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi terbaru ini

Terimakasih sebelumnya