News Update :
Home » , » Tips cara mengatur belanja keuangan pengeluaran

Tips cara mengatur belanja keuangan pengeluaran

Tips cara mengatur belanja keuangan pengeluaran khususnya di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran idul fitri seperti sekarang ini sangat diperlukan agar keadaan keuangan anda terjaga dari kekurangan anggaran belanja. Sebelum mengeluarkan uang atau belanja perlu anda membuat daftar barang-barang belanjaan yang paling penting/kebutuhan pokok terlebih dahulu seperti air,gas,beras dan kebutuhan pokok lainnya, kemudian merancang menu buka puasa dan sahur selama bulan ramadhan/puasa. Karena puasa merupakan jadwal wajib bagi kaum muslim maka jadwal rencana seperti bisa menjadi jadwal belanja pengeluaran tetap disetiap tahunnya, Bila diperlukan mungkin akan lebih bagus lagi jika dilakukan evaluasi dan sisihkan sebagian untuk ditabung(kalau masih memungkinkan) karena setelah lebaran idul fitri kebutuhan belanja pengeluaran akan berjalan seperti biasanya untuk bayar anak sekolah, dan kebutuhan-kebutuhan belanja lainnya. Sedangkan contoh ilustrasi Cara mengatur belanja pengeluaran sebagai berikut

Besaran belanja keuangan pengeluaran harus benar-benar diatur selama bulan ramadhan seperti belanja lebaran, persiapan untuk bayar zakat fitrah,sedekah, untuk belanja keperluan anak, untuk orang tua dan mertua, pembantu+satpam (kalau ada) dan kebutuhan lainnya. Biasanya yang lebih jago mengatur belanja pengeluaran malah orang-orang dari kelas menengah ke bawah karena sudah terbiasa dengan hidup pas-pasan dan orang-orang menengah ke atas malah harus banyak belajar dari mereka, tetapi lebih mudahnya bisa dilanjut membaca tulisan berikut.

Bagi anda yang sebenarnya mempunyai jiwa kreatif dan ingin mendapat pendapatan yang lebih untuk menopang biaya belanja di bulan ramadhan seperti sekarang ini, sebenernya banyak peluang yang bisa dikerjakan misalnya jualan menu takjil buka puasa, kolak, kue, baju lebaran, baju muslim, jilbab, dan lain-lain. Tidak sedikit yang meraup untung jutaan rupiah dalam sebulan selama bulan ramadhan saja. tetapi memang dibutuhkan semangat yang kuat untuk memulainya, dan kuncinya harus segera action jika anda sudah mempunyai nita untuk mencoba usaha jangan hanya terbayang diangan-angan saja dan akhirnya hilang bersama mimpi tidur anda.

Tips
yang mudah namun memerlukan disiplin yang tinggi untuk mengatur belanja keuangan pengeluaran anda adalah dengan berusaha membeli barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan. kelihatannya mudah tetapi dalam pelaksanaannya perlu usaha keras dengan dilandasi rasa disiplin yang tinggi. Rencanakan segala sesuatu terutama yang berkaitan dengan belanja yang memerluakan uang kontan. Buatlah daftar prioritas kebutuhan dan belanjakan dengan se efisien mungkin.

Sebagai contoh lagi bagi anda yang ingin pulang kampung, sebaiknya persiapkan tiket untuk mudik sedini mungkin agar tidak kehabisan tiket mudik. Rencanakan apa saja yang akan anda lakukan ketika anda mudik nanti beserta rencana belanja pengeluarannya. Alokasikan uang THR anda untuk membeli suguhan di hari lebaran, jika masih cukup bisa untuk kebutuhan lainnya misal baju lebaran dan bagi-bagi angpaw ke saudara anda. Dan bagi anda yang punya kreatifitas dalam mendesain pakaian mungkin pakaian lebaran tahun lalu masih bisa disulap menjadi pakaian yang mempunyai tampilan baru.

Setelah perencanaan kebutuhan yang lebih penting sudah terpenuhi dan juga sudah cukup untuk merayakan lebaran dan bayar zakat fitrah, maka sebagian uang THR yang masih bisa ditabung untuk kebutuhan masa datang. atau bisa juga anda buka daftar utang anda yang mungkin dilunasi dengan uang anda yang masih ada. prioritaskan melunasi utang yang mempunyai bunga tinggi terlebih dahulu.

Kalau semua belanja keuangan pengeluaran tersusun berdasar prioritas kebutuhan dan terlaksana sesuai rencana akan membuat hidup lebih nyaman tidak stress karena duit kurang untuk ini itu. Namun jika sebaliknya jika membelanjakan uang hanya menuruti keinginan bukan berdasar kebutuhan prioritas maka sangat mungkin akan menyebabkan kebutuhan yang lebih penting tidak terpenuhi dan akhirnya stress yang akan dialami.

Hidup teratur dan terencana lebih bagus daripada hidup yang hanya sekedar bisa hidup tanpa rencana, So rencanakan belanja keuangan pengeluaran anda sebaik-baiknya dan rencanakan hidup anda dengan sebaik-baiknya pula.

O, iya hati-hati juga dengan kejahatan yang marak terjadi ketika menjelang lebaran semisal pembiusan dan lain-lain, baca tips terhindar dari pembiusan. semoga semua agenda yang kita rencakan berjalan lancar


<------------------------------------------------------------------------------> Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger