Latest News

Cara membuat Sate Klatak

Sate klatak cara membuatnya mudah banget, makanan sejenis sate kambing pada umumnya ini merupakan makanan khas dari Daerah Jejeran wonokromo pleret Bantul Yogyakarta. Daging kambing yang dipakai untuk dibuat sate klatak merupakan daging pilihan bukan daging muda yang masih koyor koyor, tetapi daging kambing yang biasanya berada di bagian punggung, paha, leher, tepong, dan daging-daging dari bagian lain di tubuh kambing yang bentuknya padat. Kenapa dipilih daging yang kualitasnya bagus? Karena untuk menjaga kelezatan sate klatak tentunya. Sebagai makanan yang cukup khas di Bagian selatan Yogyakarta tersebut, sate klatak memiliki banyak penggemar dari berbagai daerah.

sate klatak
Sate klatak yang asli dulunya berada di tengah pasar Jejeran wonokromo pleret Bantul. Teman saya yang asli wonokromo pernah bercerita waktu itu, bahwa Sate klatak di tengah pasar tersebut merupakan cikal bakal sate klatak di Jejeran wonokromo bantul, saat ini dikelola oleh mas Barry yang merupakan generasi ketiga penerus Sate klatak jejeran yang dulunya dikelola ayahnya yaitu bp Wakidi, dimana bp wakidi tersebut juga hanya meneruskan dari ayahnya yang bernama Ambyah yang membuka usaha sate klatak tahun 1946. Pertama kali saya makan sate klatak juga di warung yang berada di tengah pasar tersebut karena ajakan teman saya waktu itu. Namun sekarang di sekitar jalan Imogiri timur, Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul sudah banyak dijumpai warung Sate klatak.

Kalau dari pengamatan saya, sebenarnya sate klatak ini cara membuat sate klatak sangat mudah. Yang perlu disiapkan adalah daging kambing yang bagus, kemudian besi ruji jari-jari roda sepeda, anglo, arang kayu, garam dapur, dan untuk pasangan nasinya cukup dengan kuah sayur pedes atau kuah sayur gule.

Untuk lebih jelasnya saya ceritakan cara membuat sate klatak. Pertama iris daging kambing sesuai selera mau kecil-kecil atau agak besar juga boleh, kemudian tusukkan jari-jari roda sepeda tadi ked aging yang sudah dipotong-potong, kemudian siapkan anglo dan arang kayu, nyalakan dan kemudian panggang daging kambing tersebut. Sate klatak tidak menggunakan bumbu macem-macem seperti halnya sate kambing pada umumnya. Namun sate klatak hanya dipanggang hanya dengan baluran air garam saja tanpa bumbu dan setelah matang langsung disajikan bersama nasi hangat + Kuah sayur gule atau sayur Lombok pedas dan ditaburi dengan serbuk garam dapur.

Mudah sekali membuat sate klatak, anda dapat mencobanya mumpung ini menjelang idul qurban biasanya daging kambing melimpah di rumah anda, dapat digunakan untuk eksperimen gratis ya nggak? He he.. Selamat menikmati sate klatak anda

>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi cara membuat sate klatak dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips