Latest News

Masakan dari daging yang mudah dibuat dirumah

Masakan dari daging yang mudah dibuat dirumah menjadi menu hidangan harian disaat musim idul adha, karena daging didapatkan dengan gratis dan kadangkala hingga melimpah tidak habis dalam sehari. Daging kurban yang berupa daging sapi atau daging kambing bisa kita olah sesuai selera kita dan dapat juga diawetkan dikulkas/frezer. Kadangkala mengonsumsi daging kurban menjadi bosen kalau tiap hari, apalagi kalau menu dengan cara penyajian yang tidak berganti. Maka supaya daging kambing/sapi tetap mengundang selera untuk makan, perlu membuat aneka masakan meskipun dengan bahan baku yang sama yaitu daging sapi/ kambing kurban.

Menu masakan dari bahan dasar daging sapi/daging kambing yang selama ini kita kenal berupa
1. gulai kambing
2. sate kambing
3. sop sapi
4. soto sapi
5. tongseng kambing
6. tengkleng
7. abon daging sapi
8. bakso sapi
9. semur daging
10. tumis daging
11. empal daging
12. Dendeng
13. Rendang

Nah, menu tersebut sudah cukup familiar untuk lidah kita. Untuk menambah jenis menu masakan dari daging mungkin dapat dicoba juga membuat steak daging sapi/kambing atau kalaupun jenis sate yang selama ini kita hanya mengenal sate kambing dengan bumbu kecap atau kacang, mungkin bisa kita buat sate klatak seperti yang pernah saya ulas juga di blog jatger.net ini.

Beberapa saat yang lalu saya sempat jalan-jalan ke www. raja-jempol. blogspot.com dan menemukan resep dari bahan daging juga dan merupakan masakan dari daging yang mudah dibuat dirumah, Bahan dasarnya masih sama dari bahan daging sapi atau kambing, yaitu masakan bernama Bistik Jawa dengan resep cara memasaknya sebagai berikut Siapkan Bahan-bahannya berupa 1 kg daging sapi [sandung lamur/daging kelapa] dengan bumbu-bumbu :
cara membuat bistik jawa
4 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 cangkir minyak goreng
1 sendok makan mentega
4 sendok makan kecap
1 lembar daun jeruk purut
garam dan pala secukupnya
2 gelas air
bawang goreng secukupnya

Cara membuatnya :
  • daging dicuci bersih dipotong-potong, bawang putih dan bawang merah dihaluskan dan ditumis dengan 1 sendok makan minyak goreng. Bubuhkan garam, merica dan pala. Tuangkan 2 gelas air dan aduk sampai mendidih, kemudian masukkan daging yang telah direbus terlebih dahulu, sambil dibolak balik agar bumbunya merata dan meresap.
  • bubuhkan secangkir minyak dan mentega yang telah dipanaskan, tunggu samapi busanya hilang, biarkan hingga coklat dan merata. Dan yang terakhir masukkan kecap manis dan air sedikit. Lalu angkat dari perapian, iris tipis-tipis dan letakkan dalam piring panjang, siram dengan kuah kecap dan taburkan bawang goreng.

atau bisa juga kita membuat jenis masakan dari daging yang mudah dibuat dirumah yang bernama Krengsengan,  ini merupakan resep masakan dari nenek moyang kita dulu, Oke kita belajar bersama yuk membuat Krengsengan dengan resep Bahan dan bumbu-bumbu sebagai berikut :
cara membuat krengsengan
  1. 250 gram daging sapi
  2.  4 sendok makan petis udang
  3. 6 buah cabe rawit
  4. 6 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 2 buah tomat
  7. 4 gelas air
  8. 1 sendok teh lada halus
  9. 4 sendok makan minyak goreng
  10. 1 sendok makan garam
  11. 2 sendok makan kecap manis

Cara memasak :
  • Daging dibersihkan dan dipotong potong
  • haluskan semua bumbu, tambahkan petis udang. Campurkan daging lalu tumis, kemudian tambahkan air, rebus sampai lunak dan matang serta kuahnya mengental.

foto dari : antonuri.blogspot.com dan sajiansedap.com

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips