Latest News

Tips menghadapi puting beliung hujan badai dan angin ribut

Tips menghadapi puting beliung, hujan badai,angin ribut perlu kita ketahui terutama menjelang musim hujan (musim pancaroba peralihan dari musim kemarau ke musim hujan) seperti sekarang ini. Puting beliung dan angin ribut bisa merobohkan pohon dan rumah, maka perlu adanya antisipasi supaya tidak timbul korban jiwa akibat puting beliung dan hujan disertai badai. Indonesia cukup berpeluang terjadinya puting beliung terutama di daerah-daerah yang memiliki hamparan dataran luas tanpa adanya penghalang bukit dan gunung yang dapat memecah pusat puting beliung.Tips menghadapi puting beliung bisa dibaca disini

puting beliung
Antisipasi terhadap adanya puting beliung, hujan disertai badai dan angin ribut dapat dilakukan secara pencegahan sebelum adanya puting beliung serta hujan badai, dan penanganan ketika sedang terjadi puting beliung dan hujan badai. Mungkin beberapa tips antisipasi menghadapi puting beliung hujan badai dan angin ribut tersebut adalah sebagai berikut :




Sebelum adanya/datangnya puting beliung
1.Upayakan tanaman yang berada di sekitar rumah anda tidak terlalu rimbun supaya tidak mudah tumbang ketika diterjang puting beliung, apalagi pohon yang dekat dengan rumah anda, usahakan untuk segera dipangkas ketika menjelang musim hujan

2.Upayakan di rumah anda tersedia obat-obatan, cadangan penerangan, cadangan makanan dan air bersih.

3.Anda sebaiknya selalu menyimak siaran radio atau televisi menyangkut prakiraan terkini cuaca sekitar anda, atau via Radio komunikasi ORARI, RAPI dan social media seperti Facebook, twitter dll.

4.Waspadai adanya perubahan cuaca. Misalnya adanya angin topan puting beliung yang mulai mendekat di sekitar lingkungan anda, perhatikan tanda alam dan keadaan sekitar anda, Lihatlah ke langit, jika Langit gelap, sering berwarna kehijauan, Hujan es dengan butiran besar, Awan rendah, hitam, besar, seringkali bergerak berputar, Suara keras seperti bunyi kereta api cepat

Jika anda sudah menghadapi tanda-tanda nomor 4 maka sebaiknya anda bergegaslah untuk ke tempat perlindungan (bunker) atau tempat yang anda anggap aman jika terkena puting beliung angin rebut.

Tempat yang aman untuk berlindung dari terjangan puting beliung adalah bunker, lantai basement, selokan, tanah lapang(untuk tiarap).

Hindari tempat – tempat seperti rumah dengan dinding kayu/bambu, jembatan, pohon, antena radio, tiang listrik, tower tv, tower telepon seluler, dan gedung tinggi.

Cara mengahadapi jika telah/sedang berlangsung hujan badai, angin rebut dan putting beliung

1.Segeralah ke tempat yang aman untuk berlindung (bungker/rumah, lantai basement, dan tempat-tempat yang anggap kokoh), atau berlindunglah di bawah meja jika anda sedang berada di ruang kerja. Usahakan jangan sampai anda membuka jendela.

2.apabila anda sedang dalam perjalanan dengan sepeda motor/mobil sebaiknya segeralah menepi dan berhenti kemudian berlindung ke tempat yang aman, jangan berlindung di bawah pohon

3.Apabila anda sedang berada di luar ruangan sebaiknya anda segera tiarap (tengkurap) lindungi kepala anda dan leher andadegan lengan/tangan anda. Jangan pernah berpikiran untuk kabur dengan mobil atau kendaraan anda saat terjadi putting beliung dan hujan badai, karena sangat berbahaya. Antisipasi tindakanyang aman adlah berlindung dan tiarap di tempat yang aman seperti diatas tadi.

Karena hujan badai, angin rebut dan puting beliung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja pada musim pancaroba seperti sekarang ini, maka sebaiknya kewaspadaan dan langkah-langkah antisipasi menghadapi puting beliung angin ribut dan hujan badai seperti diatas perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya korbang dan kerugian.

Semoga kita selalu dihindarkan dari segala musibah. Aamiin


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips