Latest News

Jenis kertas cetak

Jenis kertas cetak - Kertas sebagai bahan pokok dalam kegiatan perkantoran dan usaha percetakan mempunyai berbagai jenis. Setelah beberapa waktu lalu kita membahas ukuran kertas cetak, sekarang kita membahas mengenai jenis-jenis kertas cetak yang beredar dipasaran dan banyak digunakan di perkantoran, kependidikan, dan percetakan. Jenis-jenis kertas yang biasa dipakai di perkantoran dan percetakan ada beberapa jenis, yaitu :


jenis kertas cetak
HVS
Jenis kertas ini memiliki bentuk permukaan kasar. Jenis kertas HVS/kuarto Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer dan banyak digunakan di perkantoran serta rental. Biasanya juga digunakan untuk mencetak buku. Ukuran berat kertas/Gramaturnya mulai dari 60 gr, 70 gr, 80 gr, 100 gr.

BC
Jenis kertas cetak ini memiliki tekstur yang halus namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Jenis kertas ini biasa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat dan lain-lain.
Ukuran berat kertas/Gramaturnya yang biasa dipakai 160 gr, 220 gr, 250 gr.

Yellow Board
Jenis kertas yellow board ini cukup tebal, jenis kertas ini biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks.
Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.

Fancy Paper
Jenis kertas fancy paper ini memiliki beragam warna dan karakteristik. Jenis kertas ini umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain. Ukuran berat kertas/Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

Ivory
Ivory hamper sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating. Jenis kertas Ivory banyak digunakan untuk paperbag, dos-dos kosmetik. Karkteristiknya cukup tebal. Kertas jenis ivory ini Ukuran beratnya/Gramaturnya 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, 400 gr.

Dupleks
Jenis kertas ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Jenis kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan. Ukuran berat kertas/Gramaturnya mulai 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, dan 500 gr.

Samson Kraft
Jenis kertas Samson kraft ini biasanya berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Kertas ini biasa dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus. Sedangkan ukuran berat kertas/Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.

Corugoated
Jenis kertas Corugoated memiliki permukaan bergelombang biasanya digunakan untuk dos packing seperti dos indomie, dos computer dan lain sebagainya. Sama halnya dengan yellow board, jenis kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain.

Art Cartoon
Kertas jenis ini krakteristiknya sama dengan art paper, hanya lebih tebal. Jenis kertas ini biasa dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paperbag , map dan lain sebagainya.
Untuk ukuran berat kertas/Gramaturnya yang biasa dipakai mulai 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr.

Art Paper
Jenis kertas Art Paper ini mempunyai tekstur permukaan yang licin dan halus. Jenis kertas art paper biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah atau catalog. Sedangkan ukuran berat kertas/Gramaturnya mulai dari 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr dan 150 gr.

Beberapa jenis kertas tersebut biasa kita jumpai di pasaran dan kehidupan sehari-hari, Kehidupan manusia memerlukan kertas dengan berbagai jenisnya sesuai dengan fungsi keperluannya, sehingga jenis kertas tertentu selalu dibutuhkan untuk keperluan tertentu juga. Semoga bermanfaat


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips