News Update :
Home » » Resep membuat asinan Jakarta

Resep membuat asinan Jakarta

Resep membuat asinan Jakarta - Asinan merupakan makanan yang unik menurut saya, karena rasanya yang aneh di lidah. Makan asinan memberi rasa yang berbeda. Ada banyak jenis asinan, ada asinan buah juga serta kali ini kita akan membahas asinan Jakarta. Asinan Jakarta yang terdiri dari berbagai sayuran dan bumbu – bumbu yang unik. Untuk lebih tahu mengenai resep membuat asinan Jakarta berikut bahan-bahannya :
4 biji kerupuk
½ mangkok kacang tanah
1 buah bengkoang besar
½ ons emping melinjo
2 potong tahu
½ mangkok daun tekim
4 mentimun
4 lembar daun kol
10 lembar daun slada
2 ikat sawi asin
1 mangkok taoge

Kemudian bumbu untuk membuat asinan Jakarta diperlukan bumbu sebagai berikut:
1 siung bawang putih
3 sendok makan cuka
1 sendok makan garam
6 sendok sendok makan gula jawa
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan ebi
2 buah cabe merah besar
2 buah cabe rawit

Cukup banyak bahan dan bumbu untuk membuat asinan Jakarta ini, selanjutnya kita akan bahas cara membuat asinan Jakarta :
Sayuran yang sudah bersih diatas direndam dengan air garam beberapa saat, setelah itu angkat kemudian cuci dengan air masak yang dingin. Ambi ebi kemudian rendam di air mendidih sebentar, kemudian setelah itu ebi dihaluskan bersama bumbu yang lainnya. Kemudian ebi, gula pasir dan cuka direbus bersama sampai mendidih.
Langkah selanjutnya ambil air segelas kemudian masukkan gula jawa dan rebus hingga mendidih. Kemudian campurkan dengan rebusan ebi gula dan cuka tadi, maka akan menjadi saos berwarna kemerahan yang agak masam rasanya.

Selanjutnya potong potong tahu dengan ukuran sedang, kemudian masukkan ke dalam saos tadi, rebus sebentar dan tunggu hingga dingin. Ambil kol dan sawi yang direndam tadi untuk dirajang/diiris , begitu juga mentimujn, bengkoang, diiris tipis tipis.

resep asinan jakarta
Penyajian:
Ambil daun sekimnya tadi. Irisan mentimun, bengkoang, kol dan taoge diatur diatas mangkok, ditaburi dengan saos sampai terendam. HIdangkan diatas piring yang dialasi daun slada. Ambil sayuran yanag direndam di mangkok tadi untuk ditaruh diatas piring, taburi dengan kerupuk, emping dan kacang goreng.

Asinan Jakarta siap dinikmati. Rasa asinan Jakarta ini cukup unik jika anda belum pernah menyantapnya. Jika penasaran segera dicoba saja seperti apa hasil karya anda dalam membuat asinan Jakarta. Lumayan untuk kegiatan akhir pekan bersama keluarga


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger