Latest News

Tips memasang tabung gas

Tips memasang tabung gas - Memasang tabung gas sebenarnya tidak sulit, namun banyak ibu-ibu yang takut untuk memasang tabung gas. Mereka seakan trauma dengan berbagai kejadian ledakan kebakaran rumah akibat ledakan tabung gas, padahal jika pemasangan tabung gas benar, maka hal tersebut tidak akan terjadi, disamping itu kondisi dapur yang mempunyai sirkulasi udara yang lancer akan mengurangi ledakan tabung gas. Tips memasang tabung gas yang benar berikut ini:
  1. Sebelum membeli tabung gas yang baru, cobalah untuk mengambil karet tabung gas yang lama untuk berjaga-jaga jika nanti tabung gas yang baru anda beli ternyata karet sil nya sudah aus. Anda bisa mencongkel karet seal di bagian atas tabung gas tersebut dengan menggunakan obeng min kecil, congkel dengan hati-hati supaya karet sil tidak rusak.
  2. Setelah anda membeli gas yang baru, buka segelnya kemudian amati kira-kira karet seal di tabung tersebut masih bagus atau tidak, jika sudah aus anda bisa ganti dengan karet cadangan anda tadi, jika masih bagus silakan langsung dipasang regulatornya.
  3. cara memasang tabung gas
  4. Cara memasang regulator, tempatkan regulator di atas tabung gas dan tekan sedikit jika sudah pas putar tuas yang anda di seblah regulator anda 90 derajat.
  5. Nah posisi regulator sekarang sudah terkunci di kepala tabung gas, coba amati dengan mencium ada tidaknya bocoran tabung gas disana atau adakah suara desisan bocoran gas. Gas yang bocor baunya akan tercium. coba putar kepala ke kanan atau kekiri regulator anda untuk mencari posisi yang pas agar tidak ada kebocoran, Jika masih bocor maka anda bisa melepas regulator anda dan mencari karet seal pengganti yang biasanya di agen Gas punya persediaan. Kalau saya biasanya beli di agen tabung gas dan selalu dikasih karet sil nya yang baru buat jaga-jaga.
  6. karet seal tabung gas
  7. Jika sudah diganti karet seal tapi masih tetap bocor (regulator anda yakini masih bagus) maka tukarkan tabung gas tersebut ke tempat anda beli tadi. Biasanya kalau agen yang baik akan memberikan ganti.
  8. Periksa juga selang gas anda. Pastikan masih bagus tidak retak-reta dan tidak ada kebocoran. Jika semua dirasa aman tidak ada kebocoran maka pemasangan tabung gas anda sukses dan siap untuk digunakan memasak.
  9. Tempatkan tabung gas di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang lancer supaya ketika terjadi kebocoran gas maka gas akan segera terpendar dan tidak menumpul dalam ruangan, jika terjadi kebocoran gas yang perlu dilakukan adalah : segera cabut regulator dari kepala tabung gas, bawa ke tempat yang lebih terbuka, jangan menghidupkan api, sakalar listrik dan lampu,
  10. Dapur yang baik adalah yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar, tidak pengap sehingga akan mencegah terjadinya ledakan tabung gas.
  11. Jangan terlalu dekat jarak tabung gas dengan kompor anda.
  12. pengaman tabung gas
  13. Sekarang ada pengaman untuk memasang regulator gas yang aman, dengan semacam tanggem dari besi yang ditaruh diatas regulator yang berfungsi untuk menekan regulator supaya regulator menekan dengan rapat ke kepala tabung gas sehingga tidak bocor.

Demikian beberapa tips memasang tabung gas yang benar untuk mencegah terjadinya ledakan tabung gas. Ibu-ibu tidak usah takut, selama pemasangan anda benar tidak akan terjadi ledakan tabung gas, dan jika gas anda bocor jangan panic, usahakan selalu peka dengan bau gas supaya ketika ada kebocoran gas sekecil apapun akan segera terdeteksi.


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips