Latest News

Makna hujan di malam imlek

Makna hujan di malam imlek - Hujan adalah sebuah berkah yang harus disyukuri, entah itu di malam imlek (tahun baru imlek) maupun hari biasa. Dengan adanya hujan maka tumbuhan bisa tumbuh, kehidupan bisa berjalan. Malam Tahun baru imlek biasanya identik dengan terjadinya hujan. Bagi masyarakat tionghoa, hujan di malam tahun baru imlek menjadi sebuah symbol yang diyakini sebagai pertanda kemakmuran serta kelancaran rejeki di masa datang.

Makna hujan di malam tahun baru imlek sebagai pertanda kemakmuran bagi masyarakat tionghoa ini mempunyai latar belakang dimana nenek moyang masyarakat tionghoa dulu adalah masyarakat agraris sehingga hujan merupakan suatu hal yang dinantikan, sebagaimana kita ketahui di sana ada musim salju, musim semi terjadi setelah musim salju ditandai dengan hadirnya musim hujan, jika sepanjang malam tahun baru imlek rumah tidak tersentuh air hujan maka rejeki akan susah diraih di masa setahun kedepan, namun kalau rumah mereka kehujanan maka itu diyakini sebagai pertanda/makna setahun mendatang rejeki mereka akan lancar mudah diraih, istilahnya hoki bagi mereka.

Sebagian masyarakat tionghoa hingga saat ini masih menyakini makna hujan di malam imlek tersebut. Tahun baru Imlek merupakan pergantian tahun menurut penanggalan tionghoa dimana penanggalan kaum tionghoa ini didasarkan pada bulan dengan disempurnakan dengan penanggalan matahari sehingga malam tahun baru imlek tiap tahun tidah mengalami pergeseran yang terlalu jauh dengan penanggalan masehi, Tahun baru imlek selalu hadir di sekitar bulan januari hingga februari setiap tahunnya.

Makna hujan di malam imlek (dalam hal ini malam tahun baru imlek) telah kita ketahui seperti diatas, Bagi anda yang mempercayai atau tidak mempercayai makna hujan tersebut bukan suatu masalah yang serius dan itu hanya merupakan kekayaan budaya saja(menurut saya)


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips