Latest News

Cara mengetahui hati terkena cacing hati atau tidak

Cara mengetahui hati yang terkena cacing hati atau tidak - Idul adha sudah dekat dan sebentar lagi musim potong hewan kurban baik itu berupa kambing atau sapi. Tetapi ada yang perlu diketahui mengenai kesehatan hati hewan kurban yang dipotong. Karena banyak ditemukan kasus hewan kurban yang hatinya ternyata telah rusak akibat terserang penyakit cacing hati. Jika cacing hati sudah menggerogoti hati si hewan kurban maka hati tersebut sudah tidak layak konsumsi karena berpenyakit dan berbahaya bagi manusia. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membakar hati tersebut supaya cacing hati yang ada didalamnya mati baru dikubur didalam tanah.

Ada cara mudah untuk mengetahui hati hewan yang sehat dengan hati hewan yang terkena cacing hati. Hewan yang terkena cacing hati bisa diamati secara kasat mata, biasanya hati hewan tersebut sudah berlubang-lubang dan terdapat hewan (cacing hati) didalamnya. Warnanya pun tidak secerah hati yang sehat.

Contoh Gambar hati yang sehat sebagai berikut
hati sapi yang sehat

Sedangkan hati yang terkena cacing hati sebagai berikut
hati yang tidak sehat terkena cacing hati

Selanjutnya, ada baiknya kita juga mengenal apa itu cacing hati? Cacing hati (Faciola Hepatica) mempunyai panjang sekitar 12.22- 29.00 mm dengan bentuk pipih seperti daun, gambarnya seperti dibawah ini
bentuk cacing hati

Cacing hati dewasa berwarna kuning kecoklatan atau adapula yang berwarna abu-abu kehijauan. Cacing hati menyerang hati bagian dalam sehingga cacing hati ini akan kelihatan ketika kita telah memotong hati tersebut, jika ada cacingnya yang masih hidup maka kondisi hati akan berlubang-lubang dan cacingnya berada di dalam lubang tersebut.

Mengenali hewan yang terkena cacing hati biasanya susah untuk gemuk. Cacing hati mudah sekali menyerang hewan ternak karena biasanya dia hidup di area persawahan yang cukup air. Ketika rumput/hijauan persawahan tertempeli larva cacing hati ini, ketika rumput tersebut dimakan hewan ternak maka larva cacing hati ini akan berkembang menjadi cacing didalam tubuh hewan ternak dan menyerang hati hewan ternak anda. Sebenarnya ada obat untuk cacing hati ini dan harus diberikan kepada hewan ternak secara teratur. Ada banyak jenis obat cacing yang dapat anda beli ditoko-toko terdekat. Untuk hewan kurban yang akan disembelih disarankan untuk diminumi obat cacing 2 pekan sebelum hewan kurban dipotong dengan harapan cacing hati sudah mati.

Hati sapi/kambing yang terkena cacing hati sebaiknya tidak dikonsumsi meskipun pada dasarnya cacing hati tersebut akan mati ketika daging dimasak dalam suhu 70 derajat celcius. Namun efek yang ditimbulkan bagi yang mengkonsumsi hati yang terkena cacing hati adalah mual bahkan muntah-muntah. Maka dari itu, sebaiknya hati yang terkena cacing hati tidak perlu dikonsumsi karena berbahaya bagi kesehatan manusia.

Selamat Idul adha dan menikmati daging kurban, semoga tidak ditemukan cacing hati didalam hewan kurban yang disembelih. Semoga tulisan Cara mengenali hati yang terkena cacing hati atau tidak ini bermanfaat bagi kita semua.


foto diambil dari : food.detik.com dan okezone.com

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips