Latest News

Hati-hati Penggilingan daging tidak halal

Hati-hati Penggilingan daging tidak halal - Mendekati lebaran seperti sekarang ini biasanya banyak umat muslim yang membeli daging sapi atau kambing untuk acara lebaran nanti. Ada yang langsung diolah dalam bentuk potongan daging namun ada pula yang digiling dulu biar lebih lembut teksturnya untuk dijadikan bakso atau masakan kreni atau yang lain. Nah, Pernahkah anda yang biasa menggunakan jasa penggilingan daging memperhatikan kebersihan alat penggilingan daging tersebut apakah bener-bener bersih dan halal terhindar dari najis atau tidak?

Dalam hal ini mungkin kita nggak berpikiran sejauh itu, Tapi saya pernah mendengar ceramah seorang ustad yang pernah menyampaikan masalah penggilingan daging halal ini. Sebagaimana kita tahu bahwa alat penggilingan daging tersebut di tukang giling daging tentunya mempunyai konsumen yang beragam. Ada kalanya kita juga tidak tau apa yang digiling itu selalu daging sapi kambing atau ayam atau daging halal lainnya. Namun pernahkah anda kepikiran kalau alat penggilingan itu juga untuk menggiling daging babi/celeng ? Mungkin kebanyakan orang nggak akan berpikir sejauh itu, saya pun juga dulu nggak sempat kepikiran seperti itu namun setelah mendengar ceramah si ustad pada waktu itu saya kemudian mulai berhati-hati kalau ingin menggilingkan daging di tukang penggilingan daging.

Kalaupun penggilingan daging itu telah menggiling daging babi misalnya, apakah beliau si pemilik penggilingan daging mau mencuci tujuh kali sebagaimana ketika kita terkena najis besar (anjing / babi)? tentunya lebih banyak yang tidak bukan? Nah Bisa terbayang kan kalau ternyata penggilingan tersebut digunakan untuk menggiling daging babi kemudian kita menggilingkan aging halal (kambing/sapi) pastinya akan ikut terkena najisnya kan dan apa artinya? daging kita pun akan ikut jadi haram pastinya.

Berat memang jika kita berpikir secara mendalam mengenai hal ini. Tetapi demi kehati-hatian atas makanan yang akan masuk kedaam perut kita dan akan menjadi darah serta daging di tubuh kita untuk beribadah kepadaNYa tentunya kehati-hatian itu perlu kita lakukan. SoLUSINYA ?

  1. Kita pastikan mendapat tukang daging yang bener - bener bisa menjaga kebersihan alat gilingnya dari daging babi
  2. Beli alat penggilingan daging sendiri untuk digunakan bersama keluarga besar, misalnya demikian. Toh mesin giling daging manual harganya tidak terlalu mahal kok, demi kebersihan daging yang akan kita makan

Memang sebuah dilema yang tidak mudah dilakukan namun demi kehati-hatian kita terhadap daging giling yang halal maka kita perlu hati-hati terhadap penggilingan daging yang tidak halal.

Demikian sedikit ulasan mengenai Penggilingan daging tidakk halal, apabila berkenan dipersilakan untuk membagikan ulasan ini ke teman anda dengan cara klik tombol Like Facebook Share ke temen FB anda supaya informasi ini bermanfaat bagi saudara dan masyarakat muslim umumnya atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips