Latest News

Biopori Untuk Mengatasi Limbah Organik

Biopori Untuk Mengatasi Limbah Organik - Biopori yakni pebuatan banyak lubang pada suatu tempat yang berfungsi untuk menyerap air. Hal tersebut mengakibatkan genangan air dapat diminimalisir seminimal mungkin. Karena dengan menggunakan teknik tersebut, air akan terserap ke dalam tanah sehingga membuat tanah semakin lembab, terutama pada saat musim kemarau. Dapat memungkinkan, teknik ini juga salah satu usaha untuk mengatasi banjir.

Selain bermanfaat untuk penyerapan air, lubang resapan tersebut juga berfungsi terhadap limbah organik, antara lain:

  1. Mengurangi aktivitas pembakaran sampah yang mengakibatkan meningkatnya kandungan rumah kaca pada atmosfir,
  2. Pada saat musim kemarau, kompos sebagai hasil dari teknik ini dapat diambil dan bisa dimanfaatkan untuk memupuk tanaman,
  3. Sampah-sampah organik yang organik yang berserakan dapat dimanfaatkan kembali, seperti sampah rumah tangga berupa sisa sayuran dan tulang hewan, sampah taman serta kebun berupa dedaunan serta ranting pohon, sampah produk pulp dari pulp kertas sera kardus,
  4. Kompos dari hasil teknik resapan ini memiliki kualitas cairan yang sangat tinggi.

biopori

Pada awal penambahan tulang hewan ke dalam lubang akan membuat kompos menjadi bau. Namun, hal tersebut hanya pada saat awal pembuatan kompos. Hal tersebut karena adanya aktivitas beberapa mikroorganisme seperti mikroba. Anda dapat mengatasinya dengan menumpuk sampah kering di atas lubang. Terbukti, biopori sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar dan komposnya baik bagi pertumbuhan tanaman.


dipersilakan untuk membagikan ulasan mengenai manfaat biopori ini ke teman anda dengan cara klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips