Latest News

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak Balita

Usia balita merupakan masa keemasan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Di usia ini seorang anak membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan otak dan pertumbuhan fisiknya. Nutrisi tersebut akan mengoptimalkan tumbuh kembang anak balita sehingga menjadi anak berprestasi dan sehat. Bila anak balita kurang nutrisi di bawah ini akan terjadi hambatan tumbuh kembang dan mudah terinfeksi berbagai penyakit.

Protein
Zat gizi pertama yang dibutuhkan buah hati untuk mencapai tumbuh kembang optimal adalah protein. Fungsi protein dalam tubuh adalah untuk pembelahan sel. Jadi, semakin banyak ia mengonsumsi protein (dalam jumlah normal), maka pertumbuhannya semakin pesat. Selain itu, protein juga berfungsi mengganti sel yang telah rusak dengan yang baru. Jadi, kalau anak-anak terluka saat bermain akan cepat sembuh.

tumbuh kembang anak
Protein merupakan zat dasar dalam menyusun DNA manusia. Ia juga berperak aktif dalam perkembangan syaraf otak. Oleh karena itu, penting untuk memberikan makanan tinggi protein seperti ikan laut, putih telur, daging, kedelai, dan produk susu pada si kecil demi perkembangan anak-anak.

Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan untuk membentuk energi buah hati kita. Semua sel manusia memerlukan karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi zat gula, termasuk otak untuk keperluan berpikir. Bila kebutuhan karbohidrat tidak dipenuhi, maka si kecil akan lemas dan malas berpikir. Perkembangannyapun jadi terhambat. Anda dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat si kecil dari makanan pokok seperti nasi, jagung, biscuit, kue, atau sereal. Tergantung bahan makanan manakah yang ia sukai.

Omega 3
Nutrisi yang berperan dalam tumbuh kembang anak balita selanjutnya adalah omega 3. Nutrisi tersebut sangat penting untuk membentuk kecerdasan buah hati. Omega 3 dapat diperoleh dari makanan laut, minyak ikan, dan kuning telur.


Kalsium
Penuhi kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Mineral yang satu ini bisa didapatkan dari sayuran. Jangan lupa untuk menjemur anak di bawah matahari pagi agar provitamin D bisa diubah menjadi vitamin D. Selain memberikan nutrisi lengkap, anda juga harus membiarkan buah hati bermain di luar rumah demi perkembangan anak. Bila bajunya kotor tingga dicuci menggunakan deterjen rinso.


Anda dapat membagikan ulasan ini ke teman anda jika dirasa ulasan mengenai macam-macam jenis nutrisi anak ini bermanfaat yaitu dengan cara klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips