Latest News

Menstruasi Anda Tidak Lancar? Mungkin Ini Penyebabnya

Menstruasi menjadi tanda bahwa seorang wanita mencapai masa pubernya. Beberapa wanita mungkin merasa khawatir ketika mendapati menstruasinya tidak teratur karena takut ada yang salah dengan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, simaklah penjelasan mengenai penyebab menstruasi tidak lancar berikut ini. 

1. Stres Tinggi
Kondisi psikologis seorang wanita berpengaruh terhadap proses ovulasi, termasuk stres yang sedang Anda alami. Stres mengakibatkan hormon seks, seperti estrogen, hormon Luteinizing (LH) dan hormon perangsang folikel (FSH) terganggu. Kondisi ini dapat mencegah pembentukan lapisan rahim dan menghambat hormon seks. 

2. Diet Kurang Tepat
Penyebab haid tidak teratur yang lain adalah diet yang kurang tepat. Memiliki ukuran tubuh yang ideal memang menjadi impian bagi banyak wanita. Namun, salah dalam menerapkan diet bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar. Akibatnya, kortisol terlepas sehingga menghalangi dan mengakibatkan siklus haid tidak lancar.

3. Olahraga Terlalu Berat dan Intensif
Olahraga memang memberikan banyak manfaat, tapi jika dilakukan secara berlebih justru tidak akan baik untuk kesehatan. Olahraga yang terlalu berat dan intensif dapat memberikan tekanan pada kelenjar pituitari dan kelenjar adrenalin hingga akhirnya menghasilkan kortisol. Hal inilah yang menjadi penyebab haid tidak teratur.

4. Menggunakan Alat Kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil KB atau IUD (spiral) dapat mengakibatkan perubahan flek di antara siklus menstruasi. Pada awal penggunaan pil KB, biasanya akan akan keluar sedikit darah, tapi akan berhenti beberapa bulan kemudian. Berbeda dengan IUD, darah yang keluar lebih banyak dan disertai nyeri perut saat haid. 

5. Penyakit Tiroid
Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan hormon yang membuat hormon seks menjadi tidak seimbang. Kelenjar tiroid yang berlebih (hipertiroidisme) ataupun kurang (hipotiroidisme) bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar. Jadi, siklus menstruasi yang tidak teratur ini bisa menjadi gejala penyakit pada kelenjar tiroid.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab haid tidak lancar yang mungkin Anda alami. Kondisi ini bisa menjadi gejala adanya gangguan dalam kesehatan atau pola hidup yang kurang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan sedini mungkin dengan tepat.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Theme images by Bim. Powered by Blogger.
Published By Informasi dan Tips