Unsur Yang Ada Dalam Akuntansi Itu Apa Aja Sih? Ini Toh!


Sumber gambar: pixabay
Jika berbicara masalah unsur, dalam sistem akuntansi unsur tersebut saling berkaitan satu dengan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pengolahan data yang dilakukan dari awal transaksi, hingga pelaporan dapat dijadikan sebagai informasi akuntansi. Bagi yang kuliah online atau reguler di jurusan Akuntansi, kamu tentu pernah membaca buku sistem Akuntansi yang dikarang oleh Mulyadi. Dalam buku tersebut dikemukakan bahwa akuntansi memiliki unsur-unsur pokok di dalamnya, seperti:

Formulir
Merupakan dokumen yang biasanya digunakan untuk merekam terjadinya sebuah transaksi. Dengan adanya formulir ini, zat yang bersangkutan perihal transaksi yang dilakukan pertama kali bisa dijadikan sebagai dasar dalam pencatatan.

Jurnal
Jurnal sendiri merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan, sertu meringkas data keuangan serta data lainnya. Di dalam jurnal juga terdapat kegiatan peringkasan data, dari hasil peringkasannya biasanya di posting ke rekening yang bersangkutan dalam buku besar. Bagi yang mengikuti kelas karyawan di jurusan akuntansi atau mengikuti kuliah Akuntansi online, tentu harus memahami berbagai jenis jurnal yang terdiri dari:
● Jurnal penerimaan kas, merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat transaksi penerimaan kas.
● Jurnal pengeluaran kas, merupakan jurnal khusus yang disediakan guna mencatat segala jenis pengeluaran kas. Jadi berbagai jenis pengeluaran kas apapun oleh perusahaan akan dicatat dalam jurnal khusus satu ini.
● Jurnal pembelian, merupakan jurnal yang digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Sedangkan untuk catatan jenis pembelian secara tunai, akan dimasukan ke dalam jurnal pengeluaran kas.
● Jurnal penjualan, merupakan jurnal disediakan secara khusus untuk mencatat kegiatan transaksi penjualan secara kredit. Sedangkan untuk jenis penjualan secara tunai yang dilakukan perusahaan, pencatatanya dimasukkan dalam jurnal penerimaan kas.
● Jurnal umum, merupakan jurnal yang disediakan khusus untuk mencatat penyesuaian, koreksi transaksi, dan berbagai hal yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus.

Buku besar
Bagi yang mengikuti kuliah online di internet yang kini banyak tersedia, tentu sudah tidak asing perihal buku besar satu ini. Seorang akuntan pasti memiliki jenis buku satu ini, General ledger atau sering disebut buku besar terdiri dari rekening rekening yang digunakan untuk memeriksa keuangan yang sebelumnya telah dicatat dalam jurnal.

Di satu pihak, rekening buku ini bisa digunakan sebagai wadah untuk menggunakan data keuangan. Di lain sisi, general ledger atau buku besar bisa digunakan untuk sumber informasi keuangan sebagai bahan penyajian laporan keuangan.

Buku pembantu
Subsidiary ledger foto buku pembantu, di dalamnya terdiri dari berbagai rekening rekening pembantu yang berisi perihal data keuangan yang tercantum di dalam rekening tertentu dalam buku besar. Buku besar dan buku pembantu merupakan catatan akuntansi akhir, artinya tidak ada catatan akuntansi lainnya setelah data akuntansi diringkas dan digolongkan dalam rekening buku besar dan buku pembantu.

Untuk membantu pemahaman mengenai unsur akuntansi, bisa mengikuti kelas karyawan singkat di berbagai platform internet. Saat ini ada banyak artikel atau jurnal gratis yang lumayan lengkap membahas hal ini.

Laporan
Setiap kegiatan pengumpulan maupun pencatatan yang dilakukan seorang akuntan, pada akhirnya akan digunakan untuk pembuatan laporan yang diberikan pada pimpinan perusahaan. Hasil akhir proses akuntansi ditulis dalam laporan, laporan yang dimaksud berupa neraca, laporan laba rugi, laporan harga pokok produksi, laporan perubahan laba ditahan, Laporan biaya pemasaran, Laporan harga pokok penjualan, daftar utang yang akan dibayar, daftar saldo persediaan yang lambat dan penjualannya, dan daftar umur piutang.

Jika ingin melanjutkan kuliah dengan biaya yang murah di jurusan akuntansi, saat ini banyak universitas yang menawarkan program kuliah S2 murah untuk berbagai jurusan. Atau bisa memilih alternatif kuliah blended learning yang notaben biayanya tidak sebesar kuliah reguler. Salah satu portal ternama untuk jenis kuliah blended learning ini adalah Pintaria, ada banyak pilihan jurusan serta universitas dengan biaya yang terjangkau.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai unsur dalam sistem akuntansi. Bagi yang ingin mendalami mengenai unsur ini, bisa mengikuti kuliah online singkat tentang akuntansi yang saat ini banyak disebarkan secara gratis melalui internet.

Post a Comment

0 Comments