Jalur mudik alternatif di wilayah Yogyakarta

Jalur mudik alternatif di wilayah Yogyakarta ini bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin mudik ke seputaran Yogyakarta atau yang sedang melewati wilayah yogyakarta. Jalur alternatif diperlukan dikala anda ingin mencari jarak yang lebih pendek supaya lebih cepat sampai tujuan atau jalur alternatif bisa digunakan dikala jalur utama sedang full kendaraan atau sedang terjadi kecelakaan yang mengakibatkan jalan jadi macet sehingga perjalanan mudik anda terhambat. Dalam musim lebaran ini wilayah Yogyakarta menyiapkan 10 jalur alternatif yang bisa dilalui oleh par pengguna jalan di yogyakarta, berikut ke 10 jalur alternatif tersebut


Jalur alternatif mudik lebaran wilayah yogyakarta sebagai berikut :
1. jalan jalur Tempel-Pakem-Prambanan (bukan untuk kendaraan berat)
2. jalan jalur Sentolo-Klangon
3. jalan jalur Klangon-Tempel
4. jalan jalur Prambanan-Piyungan
5. jalan jalur Sampakan-singosaren-Barongan-Palbapang
6. jalan jalur Troyan-Srandakan
7. jalan jalur Congot-Galur
8. jalan jalur Sedayu-Pandak
9. jalan jalur Wonosari-karangmojo-Semin-Blimbing
10. jalan jalur Sambipitu-Nglipar-Semin-Bulu dan Pandanan-Candirejo

jalur alternatif lebaran
Kesepuluh jalur alternatif tersebut siap dilalui dengan lebar jlan antara 5,5 meter sampai dengan 7 meter. Kondisi jalan sudah baik hanya saja ada sebagian jalan bergelombang di jalur Sambipitu-Nglipar-semin.

Sedangkan Di jalur alternatif Tempel-Pakem-Prambanan akan dialihkan sedikit yaitu untuk kendaraan berat seperti bus,minibus, truk) hanya bisa sampai Pakem saja karena jembatan kali Opak yang masih menggunakan jembatan sementara. Sehingga untuk kendaraan berat akan dialihkan ke selatan (dari Pakem) menuju ke Simpang tiga besi Jalan Kaliurang, kemudian belok kiri sampai pertigaan Koroulan dan kemudian belok kanan menuju prambanan.

Jalur mudik alternatif ini ditujukan bagi pemudik dari arah Magelang sehingga tidak perlu masuk ke kota jogja untuk menghindari kepadatan lalu lintas. Begitu juga dengan pemudik arah semarang dan Solo. Bagi yang dari Solo yang ingin ke Yogyakarta bisa melewati jalan Prambanan-Piyungan kemudian ke barat menyusuri jalan Wonosari-yogya.

Sedangkan yang merupakan jalur utama di wilayah Yogyakarta meliputi
1. Yogya - Karangnongko
2. Yogya - tempel
3. Yogya - Prambanan
4. Yogya - Wonosari
5. Jalan arteri (ringroad) utara
6. Jalan arteri (ringroad) selatan

Perlu diketahui juga bagi yang ingin ke wonogiri melewati Yogya-wonosari bahwa masih ada perbaikan jalan di Ngeposari-Pecucak-Bedoyo sehingga jalur dialihkan melalui Ngeposari-Semuluh-Bedoyo.

Adanya jalur mudik alternatif ini supaya bisa bermanfaat bagi para pemudik khususnya dan para pengguna jalan pada umumnya. Disamping adanya jalur alternatif tersebut juga banyak posko - posko yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik. Semoga acara mudik berjalan lancar dengan adanya jalur mudik lebaran di wilayah Yogyakarta tersebut.

O iya bagi yang ingin Peta mudik jawa, sumatera, Bali komplit bisa di download disini ya :)

 Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi jalur alternatif wilayah yogyakarta dari blog ini Terimakasih.

Related News
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi terbaru ini

Terimakasih sebelumnya