Master soal CPNS diamankan dari kebocoran

Master soal cpns sangat penting untuk diamankan dai keboscoran sehingga untuk mengantisipasi kebocoran materi soal penerimaan cpns pada tanggal 8 september nanti akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) menggandeng Lemsaneg RI untuk mengamankan master soal CPNS tersebut. Master soal CPNS tersebut akan dibagikan ke berbagai instansi daerah maupun pusat dalam bentuk flasdisk dan hanya akan bisa dibuka dengan kode rahasia khusus dari Lemsaneg. Dengan antisipasi yang demikian ketatnya diharapkan tidak lagi terjadi kebocoran soal cpns. Pendistribusian soal dari pusat ke instansi daerah dan instansi lain yang membuka lowongan cpns akan terjamin kerahasiannya, namun ketika soal sudah didistribusikan di daerah tersebut yang menjadi persoalan, karena tentunya soal sudah dalam tahap pencetakan dan pendistribusian yang melibatkan banyak orang.

Keamanan master soal CPNS yang telah digembok dengan kode rahasia oleh Lemsaneg memang tidak diragukan lagi mengenai keamanannya, karena lembaga ini memang sehari-hari tugasnya menjaga rahasia negara. Dengan kode rahasia yang hanya bisa dibuka dengan kode rahasia khusus dari Lemsaneg tersebut maka master soal cpns akan aman dari kebocoran. Sekarang kita berharap semoga soal yang nantinya dicetak dan didistribusikan di daerah dalam bentuk soal cetakan tidak dibocorkan oleh oknum-oknum tertentu yang mempunyai kepentingan lain. Kan gak ada gunanya tuh kalau dari atas sudah dibuat se rahasia mungkin samapai melibatkan dari Lemsaneg tapi ketika distribusi di daerah tidak diawasi juga dengan ketat.
Yang kita perlu antisipasi adalah adanya oknum-oknum pembocor soal yang ingin mencari keuntungan dari kebocoran soal CPNS ini yang dimungkinkan ada. Untuk antispasi adanya kebocoran di tingkat bawah tersebut, maka panitia penyelenggara penerimaan CPNS haruslah lebih jeli dan teliti dalam merekrut tim penerimaan CPNS. Harus benar-benar dipilih orang yang jujur dan mempunyai komitmen kuat untuk menjaga rahasia soal CPNS yang akan dibagikan ke para peserta seleksi.

Seperti kita ketahui bahwa, Seleksi CPNS tahun ini akan dilakukan 8 September di 22 instansi pusat untuk 13.034 orang CPNS baru, 24 pemerintah daerah untuk 2.737 orang dan ikatan dinas sebanyak 4.219 orang di sekitar 90 titik.

Menurut informasi dari Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) bahwa nantinya soal CPNS tersebut akan dibagi atas empat kategori, yakni 50 soal untuk tes wawasan kebangsaan, 50 soal tes pengetahuan umum, dan jumlah soal terbanyak ialah tes katakteristik pribadi yang mencapai 100 soal dengan waktu ujian yang dibatasi hanya 2,5 jam saja. Mengenai teknis pelaksanaannya akan dilakukan oleh tim panitia penerimaan CPNS.

Materi seleksi CPNS meliputi substansi materi kompetensi dasar. Diharapkan para calon aparatur ini harus memahami beberapa hal yang terkait aparatur dan pengetahuan. Namun kemungkinan di beberapa instansi lain akan dilakukan tes kompetensi bidang yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan. Seperti di Kemenkumham, mereka sudah melakukan Samapta.

tes cpns
Dengan pengamanan master soal CPNS yang demikian ketat, diharapkan soal CPNS benar-benar aman dari kebocoran dan dari tangan-tangan jahil oknum pembocor sehingga nantinya didapatkan aparatur Negara yang benar-benar berkualitas dan bersih. Untuk bahan belajar menghadapi tes seleksi CPNS tersebut, anda bisa mempelajari kumpulan soal CPNS ini, dan mengenai tahapan-tahapan dan apa saja yang diperlukan dalam pendaftaran CPNS juga bisa anda ketahui disini

Salam sukses, semoga apa yang anda inginkan tercapai, selamat mempelajari kumpulan soal CPNS tersebut sebagai bahan belajar.

>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweets atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi mengenai master soal CPNS dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments