News Update :
Home » , , » Manfaat tanaman ciplukan

Manfaat tanaman ciplukan

Manfaat tanaman ciplukan selama ini kita ketahui hanya sebatas dari buahnya yang manis dan segar. Saya terutama waktu masih kecil dulu sering sekali makan buah ciplukan ini, dengan bentuknya yang bulat agak kekuningan berarti buah ciplukan siap untuk dimakan, ada rasa masam dan manis dalam buah ciplukan ini. Tanaman ini merupakan tanaman satu musim yang dapat tumbuh duii daerajh yang ada airnya namun tidak becek dan tidak terlalu kering. Masa tumbuhnya juga sangat cepat dan cepat berbuah pula karena hanya merupakan tumbuhan satu musim. Saya biasa menjumpai tumbuhan ciplukan ini di sawah-sawah tegalan, di pinggir selokan atau kadang di pinggir jalan juga ada.

tanaman ciplukan
Dalam bahasa latinnya tanaman Ciplukan biasa disebut Physallis peruvianna L., atau Physallis angulata Linn atau Physallis minina Linn, yang termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Keceplokan, Nyornyoran atau Cecendet, atau ceplukan (di jogja). Tanaman ciplukan ternyata memiliki berbagai kandungan kimia, untuk yang saat ini sudah diketahui antara lain meliputi Chlorogenik acid, C27H44O-H2O, Asam sitrun dan fisalin, Sedangkan buah Ciplukannya sendiri mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan bijinya mengandung Claidic acid.

Tanaman ciplukan ini bersifat analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh. Dalam farmakologi Cina disebutkan tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan sifat sejuk. Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan akar, daun dan buah.

Nah sedangkan manfaat tanaman ciplukan ini adalah sebagai berikut :

1. Influenza dan Sakit tenggorokan, cara menggunakannya dengan mengambil tanaman ciplukan sekitar 9 – 15 gram kemudian direbus air secukupnya dan diminum airnya.
2. Batuk Rejan (pertusis), Bronchitis, Gondongan cara penggunaannya sama seperti pengobatan Influenza
3. Bisul, Daun Ciplukan 1/2 genggam dicuci, digiling halus lalu diturapkan pada bisul dan sekelilingnya,
dibalut dan diganti 2x sehari.
4. Borok, cara penggunaan tanaman ciplukan untuk mengobati borok sama seperti bisul, hanya ditambah air kapur sirih secukupnya.
5. Kencing Manis, cara mengolahnya dengan ambil tanaman ciplukan tersebut secukupnya kemudian direbus 3 gelas air menjadi 1 gelas, saring dan minum.
6. Sakit paru-paru, cara membuatnya ambil tanaman Ciplukan lengkap kemudian direbus dengan 3 – 5 gelas air mendidih, saring dan minum
airnya 3 x sehari secangkir.
7. Ayan, cara mengolah tanaman ciplukan tersebut dengan memakan langsung buah Ciplukan 8 – 10 buah, dimakan tiap hari.

Untuk pembudidayaan tanaman ciplukan ini sangat mudah, karena kita tinggal menyemai bijinya. Biji kita semai kemudian setelah tumbuh tanaman muda dipindahkan ketempat penanaman yang telah disediakan. Pemeliharaan tanaman ciplukan ini juga mudah sekali, dengan tanah yang cukup air dan sedikit lembab, maka tanaman ciplukan ini akan tumbuh dengan subur. Sedangkan pupuk yang diperlukan juga hanya pupuk dasar saja.
Mudah kan cara pembudidayaannya, disamping itu manfaat tanaman ciplukan ini juga cukup bagus.

>>>>Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi mengenai manfaat tanaman ciplukan dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2013. Jatger.net . All Rights Reserved.
Redesign Template by Jatger.net | Powered by Blogger