Contoh Sandi Pramuka

Contoh Sandi Pramuka - Sandi Pramuka seperti sandi morse, sandi Kata, Sandi Obat nyamuk, Sandi koordinat, Sandi Aljabar dan lain-lain merupakan cara metode berkomunikasi yang aman dalam dunia kepramukaan dan mengasyikkan layaknya permainan game. Sandi yang digunakan dalam pramuka sifatnya masih sederhana tidak sesulit sandi yang telah menggunakan algoritma. Beberapa contoh sandi pramuka tersebut diidentikkan dengan jenis sandi sandi yang digunakan, misalnya Sandi kata menggunakan kata-kata, sandi Obat nyamuk karena kunci sandi yang digunakan mengikuti metode putaran obat nyamuk demikian halnya dengan jenis sandi pramuka yang lain. Intnya adalah, komunikasi menggunakan sandi merupakan perjanjian kesepakatan dari 2 pihak atau lebih sehingga tidak mungkin komunikasi bersandi dilakukan secara individu tanpa adanya orang lain.

sandi pramuka
Sebagai contoh sandi pramuka yang sederhana misalnya sebagai berikut:

SANDI KATA
 
Kunci : AND (boleh dengan kata yang lain)
Contoh : R
ANDA MANDU
Artinya : RAMU

SANDI OBAT NYAMUK
Kunci : Berputar dari pusat ke arah utara, timur, selatan dan barat terus mengikuti arah jarum jam
Contoh :



G





A





L


TNB.OTK



M





I





A


Artinya : LOMBA TINGKAT

SANDI KOORDINAT
Kunci : SIAGA BANTU (dapat diubah)


SIAGA



B
A
N
T
U

abcde
fghij
klmno
pqrst
uvwxyx
Contoh : ST AB AN IB GA GN SB
Artinya : P E M B I N A

SANDI ALJABAR
Kunci : A B X Y
1
2
3
4
5
6
7
A
B
X
Y
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
k
l
m
n
o
p
q
r
s
t
u
v
w
x
y
z
.
,

Contoh : 6B - 5A (4X + 4A) (5A - 4B) : A
Artinya : MERDEKA


Itulah beberapa contoh sandi pramuka yang cukup sederhana, masih ada banyak sandi pramuka yang digunakan seperti sandi morse, sandi rumput dan sebagainya. SEmoga contoh sandi pramuka ini dapat menambah wawasan kalian tentang sandi pramuka

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments