Latest News

Cara menyembuhkan penderita fobia

Cara menyembuhkan dan mengatasi fobia atau ketakutan yang berlebihan memang gampang-gampang susah. Di bilang gampang karena fobia bukan merupakan penyakit menular dan bukan penyakit yang mematikan tapi dibilang susah karena fobia ini dapat sembuh hanya dengan kesadaran penderitanya saja penyakit ini dapat segera sembuh. Fobia menghinggapi para korbannya ketika si korban merasa takut terhadap sesuatu hal secara berlebihan dan padahal apa yang ditakutkannya tidaklah berbahaya bagi orang lain. Memang sungguh aneh fobia ini, namun itulah yang dialami oleh sebagian teman-teman kita. Ada beberapa metode cara menyembuhkan dan mengatasi fobia yang akan kita bahas nantinya.

Fobia yang merupakan gangguan atau kelainan unik ini dapat diakibatkan oleh berbagai hal, misalnya ada teman saya yang fobia ketika melihat ambulance di jalan, ada yang fobia gelap, ada yang fobia ikan, fobia ayam, dan katanya ada juga yang fobia terhadap wanita cantik lhoohh ha.. aneh memang tapi itulah fobia sebuah ketakutan yang berlebihan yang mengakibatkan si penderitanya bisa histeris luar biasa ketika sedang melihat obyek penyebab fobia apa yang ia takuti.


fobia setan
Sebagaimana yang saya sampaikan diatas tadi bahwa fobia ini bisa segera sembuh jika ada niat yang kuat dari si penderita untuk segera sembuh dari fobia yang ia alami. Namun tentunya niatan untuk sembuh dari fobia ini juga memerlukan langkah – langkah atau metode yang dapat diterapkan untuk mengobati fobia. Beberapa hal dibawah ini mungkin dapat anda lakukan untuk menyembuhkan fobia yang sedang dialami penderita fobia,

  1. Penderita diberikan sugesti-sugesti supaya fobianya hilang atau hal ini disebut sebagai hypnotherapy. Sugesti yang dimaksud disini untuk menguatkan mental si penderita fobia agar proses penyembuhan fobia tersebut berhasil dengan baik, itu merupakan cara yang pertama menyembuhkan dan mengatasi fobia
  2. Penderita fobia diminta membayangkan kembali terhadap apa yang membuatnya takut pertama kali dulu sehingga menyebabkan dia mengalami fobia. Kemudian si penderita fobia diminta membayangkan bahwa dia mampu mengalahkan ketakutannya terhadap apa yang ia takuti tersebut. Hal ini disebut sebagai metode Reframing.
  3. Kemudian cara ketiga yaitu desentisasi, apa itu? Maksudnya adalah si penderita fobia diminta agar serileks mungkin sambil membayangkan bahwa ia mampu mengalahkan ketakutan fobia nya.
  4. Cara menyembuhkan fobia yang ke empat ini cukup ekstrim, yaitu penderita fobia dipertemukan langsung dengan(benda) atau apa yang ia takutkan di dalam suatu ruangan sampai penderita fobia tidak merasa takut lagi dengan benda yang menyebabkan fobia tersebut. Cara meyembuhkan fobia ini dinamakan flooding.
  5. Cara menyembuhkan fobia yang kelima hampir mirip dengan cara yang keempat hanya saja menggunakan media yang berbeda, dengan menerapkan metode abreaksi yaitu pertama penderita fobia diberikan tayangan gambar atau tayangan terhadap apa yang ia takuti kemudian si penderita ditunjukkan langsung ke benda yang selama ini ia takuti.

Cara –cara menyembuhkan fobia bagi para penderita fobia tersebut hanya beberapa cara saja dari sekian banyak cara yang mungkin dapat dilakukan untuk menyembuhkan dan mengatasi fobia.



Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips