News Update :
Home » , » Bonsai, Tanaman hias unik yang langka

Bonsai, Tanaman hias unik yang langka

Bonsai, Tanaman hias unik yang langka - Bonsai adalah tumbuhan yang hidup kerdil dengan umur yang sudah tua, Bonsai di Indonesia sudah cukup banyak yang memelihara baik untuk kelangenan atau untuk hiasan pekarangan rumah atau ruang tamu. Bonsai yang bagus bisa mencapai miliaran rupiah, pernah saya membaca di sebuah media bahwa bonsai milik orang Indonesia ada yang dihargai Rp 2,7 M. harga yang cukup fantastis untuk sebuah pohon kerdil. Berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya, pohon bonsai semakin lama dipelihara akan semakin mahal harganya, tidak seperti harga anturium beberapa waktu yang lalu pernah booming. Bonsai sebagai tanaman kerdil merupakan pohon unik dan langka karena sebuah pohon bonsai tidak akan memiliki bentuk yang sama dengan bonsai yang lain.

Tanaman hias yang mirip dengan bonsai adalah adenium ( kamboja ). Adenium jika dirawat dengan baik dapat dibentuk menjadi tumbuhan hias yang unik dan mirip bonsai, harga adenium saat ini juga tetap mahal. Namun untuk tanaman hias adenium perawatannya lebih mudah disbanding dengan perawatan bonsai. Bonsai memerlukan trik tersendiri agar bonsai tetap tumbuh dan terhindar dari penyakit. Jika salah dalam perawatan maka bonsai akan mati, dan koleksi anda juga akan hilang. Saya sendiri dulu juga mempunyai beberapa bonsai pohon Serut yang cukup bagus, namun karena perawatan yang tidak maksimal dan tidak terlalu terawatt karena kesibukan maka akhirnya bonsai pun mati. Saat ini tidak tersisa satu pun bonsai yang dulu pernah saya miliki.

Bonsai saat ini sudah susah ditemukan di alam terbuka karena semakin banyak orang yang memburu bonsai untuk dirawat. Dulu waktu belum terlalu banyak orang yang berburu bonsai untuk tanaman hias, setidaknya kita masih bisa memilih bentuk pohon kerdil yang akan kita jadikan bonsai, namun sekarang pohon dengan bentuk yang tidak begitu bagus saja sudah pada diburu.

bonsai bagusPerawatan tanaman hias bonsai meliputi pemupukan secara rutin, penyiraman, pembentukan dahan dan pengerdilan daun. Perawatan yang benar akan membuat bonsai tetap bertahan hidup. Media untuk hidup bonsai sangat terbatas sehingga pemberian pupuk nutrisi yang tepat akan memperpanjang umur bonsai anda. Jenis-jenis pohon atau tanaman yang biasa dijadikan bonsai hias di Indonesia seperti pohon asam, pohon serut, pohon drini, pohon jambu biji, pohon cemara, pohon ringin,pohon asam londo, pohon Ri, pohon santigi dan lain-lain

Berikut beberapa foto tanaman hias bonsai yang indah dan langka dari berbagai sumber



foto bonsaigambar bonsaibonsai


bonsai adenium
bonsai gaya cascade


tanaman hias bonsai
keindahan bonsai


Tanaman hias bonsai memiliki berbagai macam gaya, ada gaya menjuntai,gaya ular, gaya informal, Bonsai bergaya Slenting (miring), semi Cascade (curam), gaya full Cascade (sangat curam/ terjun), gaya condong seperti tertiup angin, gaya Groving (berhimpun atau berkelompok) dan sebagainya. Untuk menjadi indah, bonsai harus dibentuk dengan ketelitian dan kesabaran. Karena pohon bonsai yang ditemukan di alam terbuka biasanya belum terbentuk sesuai keinginan kita sehingga perlu perawatan dan proses pembentukan yang benar. Cara menanam tanaman hias bonsai pun untuk setiap bakalan bonsai berbeda-beda, tergantung jenis pohon nya. Pohon bergetah banyak dengan pohon yang tidak memiliki getah banyak akan berbeda cara tanamnya. Awal tanam bonsai yang bagus biasanya ketika menjelang musim hujan untuk tanaman berdaun rimbun.

Intiya adalah, keindahan bonsai sebagai tanaman hias langka terletak pada tampilan bonsai itu sendiri, semakin kelihatan nyata dan alami seakan seperti tumbuhan besar berusia tua yang hidup di alam, maka akan semakin bagus kualitas bonsai tersebut. Bonsai bisa dijadikan investasi yang bagus karena bonsai adalah barang langka dan harganya semakin mahal dari hari ke hari, sehingga tidak sedikit yang menjadikannya sebagai ladang usaha serta untuk meraih kejuaraan dalam ajang kontes bonsai.


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca informasi dari blog ini Terimakasih.
 photo BANNER_zps14ad48e1.png 
Share this article :
close

.

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | DMCA.com  
Copyright © 2010-2014. informasi tips manfaat terbaru . All Rights Reserved.