Latest News

Cara menjaga kualitas tidur masa liburan

Cara menjaga kualitas tidur masa liburan sebenarnya tidaklah terlalu berbeda dengan hari-hari biasa, namun biasanya ketika musim libur orang malah kurang tidur karena asyik dengan berbagai kegiatan yang akhirnya menyita waktu tidur. Padahal bagaimanapun juga tidur sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan stamina. Tidur yang berkualitas akan membuat segar tubuh dikala bangun tidur, Pemilihan bantal dan kasur yang tepat juga penting (telah dibahas beberapa waktu lalu di jatger.net ini) untuk menjaga kualitas tidur, disamping itu ada beberapa cara untuk menjaga kualitas tidur anda pada masa liburan supaya jadwal tidur anda tidak tersita, dan hal ini juga untuk membantu mengembalikan pola tidur yang berantakan ketika setiap hari kita beraktivitas yang menyita waktu istirahat/tidur.

1 Hindari TV dan komputer 1 jam sebelum tidur, kenapa? Karena Layar monitor yang masih menyala, seperti halnya layar TV akan selalu memancarkan gelombang biru yang dianggap oleh tubuh sebagai sinyal untuk terbangun hal ini akan membuat mata susah tertidur dan mengganggu saat tidur anda

2 Hindari minum kopi atau alkohol 3 jam sebelum tidur, hal ini perlu dilakukan (meski beberapa orang tidak berpengaruh dengan hal ini) karena minum kopi dan atau Alkohol akan merusak fase REM (Rapid Eye Movement) di saat tidur. Di fase inilah, 85 persen mimpi terbentuk sehingga fase ini penting bagi daya ingat (menurut para ahli)

3 Hindari mengubah jadwal tidur, karena mengubah jadwal tidur secara mendadak akan mengacaukan jam tidur anda. Begadang terlalu malam yang tidak dilakukan di hari-hari biasa akan berpengaruh pada pola jam tidur anda sehingga jadwal jam tidur secara alami di tubuh anda akan terganggu.

4 Baca buku ringan, bagi sebagian orang dengan membaca buku-buku ringan akan membuat mata semakin lelah dan mengantuk. Bukan berarti buku menjadi obat tidur, namun dengan membaca buku maka mata akan semakin lelah dan kita akan mengatuk.

alt
Mengatur jadwal tidur saat hari biasa maupun masa liburan sangat diperlukan supaya tubuh tetap fit tidak mengantuk disaat diperlukan untuk melakukan aktivitas liburan atau kerja. Memaksakan mata untuk tetap terbuka padahal sudah mengantuk hanya akan membuat badan semakin tidak nyaman, Jadi pola tidur yang berkualitas akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan yang paling bagus adalah tidur yang teratur, jika perlu sesekali menginaplah di hotel, kan banyak hotel yang murah

Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips