Latest News

Manfaat ramuan dari jambu biji

Manfaat Ramuan dari jambu biji - Ramuan obat secara herbal dari jambu biji dapat membantu mempercepat kesembuhan beberapa jenis penyakit. Untuk dapat menggunakan manfaat ramuan dari jambu biji ini, kita dapat membuatnya sendiri dan kita gunakan seperlunya untuk kesembuhan dari sakit. Nenek moyang kita dulu sering menggunakan ramuan-ramuan tradisional untuk menyembuhkan suatu penyakit termasuk dari bahan jambu biji ini. Ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan ramuan yang terbuat dari jambu biji, seperti berikut ini:

ramuan jambu biji
1. Obat luka baru
Kalau anda mengalami luka akibat pisau misalnya, ramuan dari daun jambu biji dapat anda coba, ambil 3 pucuk daun jambu biji. Kemudian kunyah sampai lembut, tempelkan ke bagian yang luka tadi supaya darah tidak keluar terus.


2. Maag
Ramuan obat dari bahan jambu biji untuk menyembuhkan maag yang diperlukan adalah daun jambu biji, ambil 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. minum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore untuk pengobatan maag anda.

3. Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Yang berperan dari bagian pohon jambu biji untuk menyembuhkan sakit perut seperti diare dan mencret adalah daun jambu biji, ambil 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, setelah itu disaring untuk diambil airnya. Cara minumnya 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Ketika bayi mengalami diare padahal masih menyusu ibunya, maka ramuan dari jambu biji ini yang meminum adalah ibunya. ambil jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Kemudian jambu biji muda tersebut dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin
Ramuan dari jambu biji untuk mengobati masuk angin dengan cara ambil 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat ramuan tersebut: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian cara minumnya diminum 2 kali sehari.


6. Beser (sering kencing) berlebihan
Ramuan jambu biji untuk mengatasi beser dengan cara ambil 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (goring sangan = Jawa). Cara membuat ramuan ini : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Kemudian minum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani
Untuk mengatasi prolapsisani, ramuan obat dari jambu biji ini juga bisa digunakan. Caranya: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya saja, air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat kemudian dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.

8. Sariawan
Sariawan adalah sakit yang menjengkelkan dan bagi sebagian orang sariawan sering dialami, untuk mengatasi sariawan, ramuan dari jambu biji ini bias dimanfaatkan. Ambil 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Kemudian rebus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, setelah itu disaring untuk diambil airnya. minum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit
Ramuan jambu biji untuk mengobati sakit kulit dengan cara ambil 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Kemudian tumbuk bersama-sama sampai halus, cara memakai ramaun ini dengan menggosokkannya ke bagian kulit yang sakit.

10. Diabetes Mellitus
Ramuan jambu biji untuk pengobatan diabetes mellitus atau sakit gula, kita membutuhkan 1 buah jambu biji setengah masak, air 1 liter. Kemudian cara membuatnya sebagai berikut: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. minum 2 kali sehari, pagi dan sore


Kenapa jambu biji mempunyai banyak manfaat untuk dibuat ramuan obat seperti beberapa manfaat diatas? Karena pada buah, daun, kulit batang pohon jambu biji mempunyai kandungan kimia yang disebut tannin, selain itu Daun jambu biji juga mengandung minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Sedangkan dalam buah jambu biji (100 gr) mengandung
- Kalori 49 kal
- Vitamin A 25 SI
- Vitamin B1 0,02 mg
- Vitamin C 87 mg,
- Kalsium 14 mg
- Hidrat Arang 12,2 gram
- Fosfor 28 mg
- Besi 1,1 mg
- Protein 0,9 mg
- Lemak 0,3 gram
- Air 86 gram

Manfaat Ramuan alami seperti ramuan dari jambu biji seperti diatas bisa dimanfaatkan menjadi obat alternative disaat dibutuhkan dan belum tersedia obat dari dokter, Ramuan alami lebih sehat dan tidak memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan jika digunakan sewajarnya saja. Kembali ke pola hidup sehat dengan ramuan alami akan lebih bagus bagi kesehatan manusia sehingga harapannya manusia bisa hidup lebih panjang usianya. semoga bermanfaat


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips