Manfaat Daur Ulang Sampah

Daur ulang sampah merupakan salah satu kegiatan yang tentunya memberikan manfaat besar bagi kehidupan terutama dalam melestarikan alam. Seperti yang kita ketahui banyak sekali jenis sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap hari. Anda juga dapat melihatnya dari sampah yang berada di rumah anda sendiri dan kalikan dengan beberapa rumah yang berada di sekitar anda. Sudah pasti jumlah sampahnya akan sangat banyak sekali sehingga terbayangkan tumpukannya jika disimpan dalam satu tempat bersamaan.

manfaat daur ulang sampah
Untungnya ada kegiatan yang dilakukan atau diadakan oleh pihak-pihak tertentu manganggulangi terjadinya tumpukan sampah. Salah satu solusinya adalah mengolah kembali sampah sehingga menjadi barang atau benda yang lebih bermanfaat. Namun sebelum didaur ulang tentu saja sampah-sampah tersebut harus dikelompokan terlebih dahulu sesuai dengan jenisnya. Ada beberapa jenis sampah yang tersebar di masyarakat diantaranya adalah sampah plastik, sampah kertas dan sampah organik.

Jika sampah sudah dikelompokan maka masing-masing akan mengalami tahapan-tahapan yang berbeda. Mulai dari sampah plastik biasanya akan memasuki proses pencucian setelah itu dipanaskan sampai berbentuk cairan lalu dicetak dengan menggunakan cetakan khusus sehingga berbentuk barang baru. Sedangkan untuk sampah kertas biasanya kertas akan dileburkan terlebih dahulu untuk kemudian dicetak kembali menjadi kertas yang baru.

Untuk jenis sampah yang terakhir yaitu sampah organik biasanya digunakan untuk pupuk tanaman. Dari ketiga jenis sampah yang mengalami daur ulang sampah ini banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Namun tentu saja manfaat yang paling utama adalah lingkungan akan senantiasa terjaga kelestariannya karena dapat mencegah terjadinya timbunan sampah. Dengan kondisi yang demikian udara di sekitar rumah juga akan senantiasa terasa sejuk dan segar.


Dipersilakan untuk membagikan ulasan ini ke teman anda dengan cara klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa mengetahui berbagai informasi tips manfaat terbaru dari blog ini Terimakasih telah menyempatkan berkunjung ke web ini.

Post a Comment

0 Comments