Latest News

Jenis - jenis jambu biji

Jenis - jenis Jambu biji - Jambu biji yang mempunyai nama latin Guava, psidium guajava linn ini diyakini merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah yang mempunyai banyak ragam jenis. Jenis jambu biji biasanya terlihat dari bentuk buah jambu biji itu sendiri yang kemudian dilabeli dengan nama tertentu untuk membedakannya. Buahnya memiliki rasa yang manis kalau sudah matang, dan sepet kalau belum matang. Warna buah jambu biji ada yang merah dan ada yang putih. Ada yang mempunyai daging tebal tapi ada juga yang dagingnya tipis. Jambu Biji dapat tumbuh di berbagai tempat baik di dataran rendah maupun tinggi, Tanaman jambu biji tergolong jenis tanaman perdu yang mempunyai banyak cabang dan mempunyai batang yang kokoh tidak mudah patah. Tanaman jambu biji bias tumbuh hingga ketinggian 12 meter untuk jeni jambu biji tertentu. Sedangkan untuk ukuran buah jambu biji juga tergantung dari jenis jambu biji itu sendiri, tetapi untuk rata-rata jambu biji ini mempunyai ukuran dengan diameter 2,5 cm sampai 10 cm. Untuk jenis jambu biji Bangkok bisa mencapai diameter 10 cm. Untuk lebih jelas, mari kita bahas sama-sama apa saja jenis jambu biji yang sering kita jumpai di sekitar kita.

Berikut ini ulasan mengenai jenis – jenis jambu biji yang biasa kita temui :
    jambu sukun
  1. Jambu biji Sukun, Jenis Jambu biji Sukun ini memiliki bentuk bulat besar, kulit dagingnya tebal, jika buah sudah matang akan berwarna kuning. Jambu biji ini hampir tidak berbiji, kalau dari segi rasa jambu biiji sukun memiliki rasa yang hambar kurang manis, namun baunya harum.
  2. jambu pewaras
  3. Jambu biji Perawas, Jambu biji Pewaras ini memiliki bentuk bulat lonjong dan agak besar, memiliki daging kulit yang tebal, jika buah sudah matang akan berwarna kuning,sedangkan dagingnya merah, bijinya tidak banyak, rasanya agak asam, baunya harum seperti jambu biasanya.
  4. jambu pipit
  5. Jambu biji Piit (Pipit), Jenis jambu pipit ini memiliki bentuk bulat kecil-kecil, memiliki kulit yang tipis, sedangkan buah jambu pipit ini jika sudah matang akan berwarna kuning, daging buahnya berwana putih dengan rasanya yang manis dan harum baunya
  6. jambu susu
  7. Jambu biji gembos atau jambu biji Susu, Jenis Jambu biji susu memiliki bentuk buah bulat agak lonjong dengan meruncing kepangkalnya. Kulit dagingnya tebal dan jika buah matang berwarna agak kuning, daging buahnya putih, bijinya tidak banyak, rasa kurang manis dan harum baunya.
  8. jambu delima
  9. Jambu biji Delima, Jenis jambu biji delima memiliki bentuk buah bulat dan bermoncong dipangkalnya, kulitnya agak tebal, dagingnya warna merah, banyak bijinya, rasanya manis.
  10. jambu manis
  11. Jambu biji manis, Jenis jambu biji manis memiliki bentuk buah bulat meruncing ke pangkalnya, kulit buahnya tipis dan jika matang berwarna kuning muda. Dagingnya putih, bijinya banyak. Rasanya manis dan harum baunya.

Itu tadi beberapa jenis jambu biji yang seringkali kita temui di sekitar kita, jambu biji mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan dari berbagai pengalaman jambu biji dan daun jambu biji berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit, mengenai manfaat jambu biji akan kita bahas lain waktu. Semoga brmanfaat


Jika anda berkenan silakan klik tombol Like Facebook atau tweet atau G+1 supaya teman-teman anda juga bisa membaca berbagai informasi dari blog ini Terimakasih.

Informasi dan Tips Designed by Templateism.com Copyright © 2014 | Redesign by jatger.net 2010-2016 | DMCA.com

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.
Published By Informasi dan Tips